sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Atalia Kamil Beri Tips Perempuan Bisa Mengejar Impian di Tengah Keterbatasan

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 21 Apr 2022 17:40 WIB
Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil caption
Jakarta -

Raden Ajeng Kartini berusaha sekeras mungkin agar perempuan di Indonesia mendapatkan hak yang setara dengan laki-laki, termasuk dalam bidang pendidikan. Hal ini juga dilakukan oleh Ketua Umum SEKOPER CINTA & Ketua Tim Pergerak PKK Jabar, Atalia Praratya Kamil, Bunda.

Atalia diketahui membangun sebuah sekolah yang dinamakan Sekoper Cinta. Sekoper Cinta sendiri merupakan singkatan dari Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita.

Menurut Atalia, sosok RA Kartini merupakan sosok bangsawan yang berkorespondensi demi perempuan yang berasal dari keluarga tak mampu. Atalia pun mengatakan kalau RA Kartini sosok yang sangat inspiratif.


"Kita tahu sosok inspiratif ini (Kartini) bukanlah yang membuat sekolah. Kalau RA Kartini inspirasinya yang diambil. Saat meninggal, usianya masih sangat muda. Saat meninggal, apa yang ia torehkan pun menjadi inspirasi untuk sekolah," kata Atalia Praratya Kamil dalam HaiBunda Live spesial Bunda-bunda Jabar Kartinian di Instagram @haibundacom, pada Kamis (21/4/2022).

Atalia sendiri merupakan istri dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Bunda. Setelah menikah, ia pun dikaruniai tiga orang anak.

Instagram Live HaiBunda x DetikJabar Bersama Atalia KamilInstagram Live HaiBunda x DetikJabar Bersama Atalia Kamil/ Foto: Dokumentasi Pribadi HaiBunda

Menurut Atalia, sosok ibu rumah tangga juga tetap bisa menjadi seorang Kartini masa kini. Salah satu caranya adalah dengan terus belajar.

"Bagi saya untuk menjadi seorang perempuan, kita tidak pernah boleh berhenti belajar. Kita harus terus menambah pengetahuan dalam keadaan apapun. Belajar tidak selalu dalam bangku sekolah, tetapi belajar itu bagaimana kita menangkap fenomena yang ada," paparnya.

"Saya kalau ketemu ibu-ibu pengajian selalu bilang, 'Ibu, kalo ketemu teman itu tanya sesuatu yang bisa menambah pengetahuan. Jangan ngobrolin gosip, artis-artis'," sambungnya kemudian.

Selain terus belajar, Atalia juga mengungkapkan kalau sosok wanita dan perempuan harus mampu bergaul. Dengan bergaul, akan ada lebih banyak pengalaman yang didapatkan.

Melihat ketidakmerataan pendidikan di Indonesia, Atalia Kamil menyadari bahwa tak semua perempuan bisa mendapatkan pendidikan yang sama, terutama karena faktor ekonomi. Namun, ia menjelaskan kalau setiap perempuan bisa mengejar cita-cita dan impiannya.

"Pertama, kita harus mampu menunjukkan kalau kita mampu. Tekadnya harus kuat dan tunjukkan kalau kita orang yang amanah. Misal kalau kita mau sekolah lagi, tunjukkan keseriusan kalau kita mau belajar," papar wanita yang akrab disapa Cinta ini.

"Yang kedua, kita harus tunjukkan bahwa kita tidak seperti apa yang orang sangka. Misal kita di-bully yang berkaitan dengan fisik, meski begitu, kita tunjukkan kalau di balik itu semua kita bisa miliki potensi yang lain," tambahnya kemudian.

Bunda, Acara ini dipandu dua host, yakni Erna Mardiana (Redaktur Pelaksana Detik Jabar) dan Zika Zakiya (Redaktur Pelaksana HaiBunda). Event ini merupakan kolaborasi HaiBunda dengan Detik Jabar (@detikjabar) dan disiarkan langsung dari The Trans Luxury Hotel Bandung (@thetransluxuryhotel).

(mua/fir)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!