sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tips Dhatu Rembulan Ajarkan Anak Hormati Kedua Orang Tua, Jangan Lupa Beri Contoh

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 21 Apr 2022 15:38 WIB
dhatu rembulan caption
Jakarta -

Sosok Raden Ajeng Kartini menjadi sosok idola dan panutan dari banyak wanita di Indonesia, Bunda. Salah satu wanita yang sangat menghargai Kartini adalah Bunda seleb Jawa Barat, Dhatu Rembulan.

Dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Kartini, Dhatu mengaku kalau dirinya sangat termotivasi dan ingin anak-anaknya belajar dari sosok Kartini.

"Kalau menurut aku, Kartini itu sosok perempuan yang passionate. Terus punya motivasi besar yang tumbuh dalam dirinya. Aku ingin anak-anak aku kalau sudah besar punya passion yang besar dan bekerja keras untuk mewujudkannya," kata Dhatu Rembulan dalam HaiBunda Live spesial Bunda-bunda Jabar Kartinian di Instagram @haibundacom, pada Kamis (21/4/2022).


Lebih lanjut, Dhatu mengatakan kalau Kartini merupakan sosok yang sangat mengedepankan tata krama dan sopan santunnya. Karena itu, Dhatu juga turut mengajarkan anak-anaknya akan hal ini.

"Kartini itu sangat menjunjung tinggi dan paham tentang tata krama. Kita pingin menanamkan hal itu kepada anak-anak. Jangan lupa kalau kita ada di Indonesia, kita punya tata krama sendiri. Jadi (harus) di bawa sampai dewasa," papar Bunda dua anak ini.

Instagram Live HaiBunda x DetikJabar Bersama Dhatu RembulanInstagram Live HaiBunda x DetikJabar Bersama Dhatu Rembulan/ Foto: Dokumentasi Pribadi HaiBunda

Dhatu juga mengungkapkan pendapatnya tentang arti cantik dan value atau nilai. Ia mengungkapkan kalau yang terpenting dilakukan oleh seorang perempuan adalah terus belajar agar mereka tidak kehilangan value-nya.

"Sebenarnya cantik itu merupakan value. Tapi cantik itu beragam dan relatif. Apalagi perempuan Indonesia tidak bisa disamaratakan dan punya keunikan sendiri. Yang terpenting perempuan itu tidak pernah berhenti belajar, tidak pernah mager, jadi itu akan mengurangi value dan mengurangi kecantikan itu sendiri."

"Walaupun kita ibu rumah tangga, yuk kita bekali diri ini agar kita punya value. Kalau punya value, kita kan bisa mempercantik diri sendiri. Jadi memang cantik itu bisa kok kita bangun dari diri sendiri," lanjut Dhatu.

Dhatu Rembulan menikah dengan Mohammad Tria Ramadhani, atau yang akrab disapa dengan Tria The Changcuters, pada tahun 2012, Bunda. Kini, Dhatu telah dikaruniai dua orang anak perempuan.

Memiliki pasangan yang sama-sama menggeluti dunia hiburan tentu membuat Tria dan Dhatu berada dalam kesibukannya masing-masing. Meski begitu, Dhatu mengatakan kalau dirinya selalu menghormati anak-anaknya agar kedua anaknya juga menghormatinya dan sang suami.

"Ini tuh sebenarnya aku sempat merenungkannya. Jadi kita selalu dituntut untuk hormat sama ibu. Tapi zaman ini berbeda, di mana kita memberi contoh dulu ke anak baru nanti mereka baru mengikuti."

"Dan ya ngasih contoh walaupun masih kecil, mereka juga manusia yang punya hati dan pikiran. Berilah contoh-contoh yang baik untuk mereka dari diri kita sendiri," sambungnya kemudian.

Tak hanya itu, Dhatu Rembulan juga mengungkapkan kalau ia dan sang suami selalu berusaha untuk memberikan contoh yang baik pada anak-anaknya. Salah satunya adalah dalam mencari solusi sebuah masalah.

"Dulu ketika anak aku kecil (umur) dua tahun (dia) tantrum berat, aku sempat gak bisa handle. Tapi kan enggak mungkin didiamkan saja. Jadi daripada didiamkan dan makan waktu, aku dan suami sepakat untuk ke psikolog," kata wanita 36 tahun ini.

"Jadi kalau ada case, kita harus belajar dari case itu dan mencari solusinya bersama-sama. Ketika ada hal yang belum bisa diatasi, harus cari solusinya ke ahli," tambahnya.

Bunda, Acara ini dipandu dua host, yakni Erna Mardiana (Redaktur Pelaksana Detik Jabar) dan Zika Zakiya (Redaktur Pelaksana HaiBunda). Event ini merupakan kolaborasi HaiBunda dengan Detik Jabar (@detikjabar) dan disiarkan langsung dari The Trans Luxury Hotel Bandung (@thetransluxuryhotel).

(mua/som)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!