sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tips Liburan Keluarga Low Budget, Siapkan Itinerary hingga Dana Darurat

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 29 Jun 2022 12:05 WIB
Front view of family with two small daughters on trip outdoors in nature, wearing face masks. caption
Jakarta -

Enggak terasa, liburan sekolah telah tiba, nih. Bunda mungkin sudah punya rencana untuk mengajak Si Kecil berlibur. Jika iya, pastikan Bunda menjadikan liburan sebagai momen quality time yang sempurna.

Salah satu faktor penting dalam menjalani liburan menyenangkan bersama keluarga adalah budget, Bunda. Durasi serta tipe liburan yang dilakukan akan bergantung dari dana yang kita miliki.

Meski begitu, bukan berarti bahwa Bunda tidak bisa melakukan liburan secara low budget, ya. Bunda tetap bisa mengajak anak dan pasangan bersenang-senang, lho.


Aturan utama dalam menikmati liburan adalah jangan membandingkan liburan kita dengan orang lain. Semua liburan dilakukan tergantung dari kemampuan masing-masing. Jadi tidak usah iri dengan orang lain ya, Bunda. Lebih baik rencanakan tipe liburan apa yang diinginkan oleh pasangan.

"Kenali apa yang bikin pasangan happy. Sebagai suami istri juga butuh liburan. Cari tahu apa yang kalian sukai, misalnya kuliner. Lalu ada yang suka melihat pemandangan, shopping, atau journaling," ujar family financial planner Wulan Siahaan, CFP di sesi HaiBunda Live, Selasa (28/6/22).

Apabila Bunda masih memiliki anak di bawah 10 tahun, tak perlu memaksakan diri untuk memberikan liburan mewah seperti jalan-jalan ke luar negeri. Sebab, anak mungkin belum akan mengerti dengan hal itu.

Beberapa agenda liburan yang dapat dilakukan bersama anak di antaranya yaitu staycation, one day trip, road trip, hingga campervan trip.

"Staycation di hotel sedang menjadi tren. Anak-anak tinggal mengikuti kegiatan yang disediakan oleh orang hotel. Misalnya menggambar, bercocok tanam, bertani, menanam padi. Saat ini ada resort yang menawarkan aktivitas dan jasa seperti itu," tutur Bonauli, jurnalis Detik Travel.

Untuk menghemat budget, Bunda juga bisa mengemas liburan dalam satu hari. Agenda one day trip yang menarik dilakukan yaitu pergi mengunjungi kepulauan.

Apabila Bunda menginginkan perjalanan wisata yang lebih panjang, Bunda dapat mencoba road trip. Namun perlu diingat bahwa Bunda masih akan membutuhkan akomodasi hotel. Opsi lainnya adalah liburan dengan memakai campervan trip yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal selama liburan.

Sebelum berangkat, pastikan Bunda membuat itinerary atau rencana liburan. Daftar ini memuat segala macam serba-serbi mengenai liburan, mulai dari keperluan barang yang harus dibawa, aktivitas liburan, hingga jadwal dan kebutuhan budget.

"Dibikin itinerary planning. Ini akan berhubungan dengan budget keseluruhan kita. Waktu di sana nanti, harus ada 1 orang yang pegang itinerary. Dia berperan seperti seksi acara yang bertugas memantau jalannya agenda. Jadi budget per hari tetap dapat dihitung dan dipantau," tutur Wulan.

Soal budget, jangan lupa siapkan 10 persen dana darurat yang dapat digunakan dalam keadaan terdesak. Misalnya ketika kesulitan menemukan tempat makan, atau kehujanan sehingga harus menaiki taksi. Dana darurat juga bisa digunakan untuk berbelanja oleh-oleh di akhir perjalanan.

Jangan lupa rencanakan liburan dari jauh hari. Selain itu, pastikan untuk memilih tiket transportasi yang paling murah, baik secara online atau offline. Ada waktu-waktu tertentu yang menawarkan harga terendah, lho.

"Menurut penelitian, tiket pesawat murah dapat dicari di travel agent online. Maskapai punya bundling rute pilihan dengan harga murah. Dilakukannya di hari Rabu atau Kamis karena itu yang paling murah. Kalau akhir atau awal pekan itu sibuk banget, jadi pasti mahal," ungkap Bona.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda, saksikan juga video tentang daftar hotel murah di Bali dan Bandung:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!