sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Anak Les Bakat atau Les Akademik? Tanya Psikolog Yuk, Ada Hadiahnya Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 09 Jul 2022 11:15 WIB
HaiBunda Live Memilih Les Anak caption
Jakarta -

#HaiBunda Sebagai orang tua, memang sudah kewajiban kita mendukung tumbuh kembang anak. Salah satunya mengenali minat dan bakat anak. Bunda mungkin masih bingung nih, Si Kecil perlu les enggak ya untuk mengembangkan potensinya?

Namanya anak-anak, kadang banyak maunya ya, Bunda. Segala sesuatu yang baru dan menarik pasti ingin mereka coba. Orang tua jadi bingung, apakah ini hanya minat atau memang bakat anak yang harus dikembangkan?

Dikatakan Psikolog Pendidikan, Rafika Ariani, M.Psi., Psikolog, pada dasarnya, anak-anak masih berada di usia eksplorasi diri, minat, kelebihan, dan kekurangan yang mereka miliki. Jadi wajar ya Bunda, kalau Si Kecil masih berubah-ubah keinginannya.


"Bosan adalah perasaan yang wajar muncul di setiap anak, khususnya anak usia dini," ujar Rafika kepada HaiBunda, Jumat (8/7/2022).

"Tanamkan prinsip pada anak bahwa kegiatan akademik dan non-akademik sama pentingnya untuk perkembangan anak. Bunda bisa diskusi atau ngobrol santai bersama anak soal kegiatannya."

Rafika menyarankan, sebelum menentukan les yang akan diikuti anak, baik les bakat atau les mata pelajaran, sebaiknya diskusikan dulu. Bunda pastikan juga, Si Kecil tahu apa yang akan dihadapi, dipelajari, dan siapa saja yang ditemui saat les.

"Ajak anak untuk menentukan pilihannya sendiri saat memilih sebuah les," ujarnya.

"Sebelum membayar, diskusikan komitmen mengikuti les bersama anak, sesuai usianya. Misalnya buat kesepakatan, anak harus ikut les 6 bulan atau 1 tahun. Untuk anak usia lebih kecil, komitmen mungkin diperpendek jadi 3 bulan."

Jangan lupa juga Bunda, pantau perkembangan anak di tempat les. Rafika mengatakan, kadang anak cepat bosan karena merasa belum mampu. Padahal, untuk mencapai sebuah keterampilan butuh usaha dan waktunya pun berbeda setiap anak.

Lalu, bagaimana kalau anak bosan dan enggak mau melanjutkan les? Hmmm, kan sayang sudah bayar mahal. Rafika menganjurkan, Bunda cari tahu dulu penyebab anak bosan atau minta berhenti les. Komunikasi juga dengan tempat les atau pengajarnya ya, Bunda.

Nah, kalau masih bingung, Bunda konsultasi langsung yuk ke Bunda Rafika. Bubun akan mengundang Bunda Rafika dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (12/7/2022) mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema Les Bakat Vs Les Mata Pelajaran, Mana yang Bunda Pilih?, acara ini akan dipandu Managing Editor HaiBunda, Zika Zakiya. Bubun juga kedatangan tamu spesial satu lagi nih, yakni Founder & Artistic Director of Swan Ballet & Dance School, Sevina Gisella, ARAD, BA (Hons).

Siapkan pertanyaan terbaik Bunda sesuai tema ya. Bagi tiga Bunda yang terpilih akan Bubun kasih hadiah menarik. Semoga beruntung...

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!