sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Manfaat Balet untuk Anak Balita, Salah Satunya Jadi Lebih Percaya Diri

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 04 Jul 2022 11:13 WIB
Leaning on the wooden stand. Little ballerinas preparing for performance. caption
Jakarta -

#HaiBunda Banyak aktivitas yang bisa mendukung tumbuh kembang anak, termasuk gerakan tarian. Salah satu tarian yang banyak manfaatnya untukĀ anak balita adalah balet, Bunda.

Sebelum Bubun kasih tahu manfaatnya, kita kulik sedikit yuk sejarah tari balet. Dikutip dari Wikipedia, balet berawal dari acara pertemuan para bangsawan Italia. Istilah balet dicetuskan oleh seniman Italia Balthasar de Beaujoyeulx pada 1581 silam.

Lalu, tarian ini dikembangkan jadi ballet de cour, dansa yang dilakukan dengan musik, pidato, puisi, nyanyian, dan pesta kostum para ningrat Prancis. Pada masa pemerintahan Raja Louise XIV, balet makin berkembang jadi bentuk seni tersendiri di Prancis, Bunda.


Setelah belajar sejarahnya, sekarang Bunda ketahui yuk apa saja manfaat balet untuk anak-anak. Bubun melansir dari situs Mary Lorraine's Dance Center, ternyata ada 5 manfaat balet untuk anak balita, yakni:

1. Gerak fisik

Untuk anak-anak usia 3 hingga 5 tahun, balet bermanfaat untuk kekuatan, kelenturan, rentang gerak, koordinasi, dan keseimbangan. Balet juga bisa baik untuk daya tahan tubuh Si Kecil.

2. Kemampuan sosial

Dengan mengikuti kelas balet, Si Kecil akan dapat teman-teman baru. Di sinilah anak-anak belajar berinteraksi dan pertemanan ini baik untuk perkembangan mereka.

3. Percaya diri

Tari balet bisa membantu anak-anak menghilangkan kecemasan atau ketakutan terhadap orang dan tempat baru. Dengan menari dan berkomunikasi dengan guru serta teman-temannya, Si Kecil akan lebih percaya diri.

4. Disiplin

Bergabung dengan kelas balet akan membiasakan anak-anak disiplin waktu dan mengikuti aturan. Kebiasaan ini akan terbentuk lewat gerakan tari atau koreografi sesuai alunan musik.

5. Manfaat mental

Dengan mempelajari langkah dan gerakan balet, anak-anak bisa meningkatkan fokus, konsentrasi, kesadaran spasial, dan melatih keterampilan motorik kasar dan halus. Selain itu, Si Kecil juga bisa melepaskan energi dan mengekspresikan diri.

Nah, Bunda juga bisa mengasah kemampuan balet Si Kecil dengan mengikuti perlombaan atau pertunjukan. Pas banget lho, HaiBunda punya acara pentas balerina cilik. Tertarik ikutan? Yuk simak informasi selengkapnya di SINI.

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!