sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Curhat Bunda Influencer, Pernah Dibayar Senyuman Tapi Kini Raih Rp10 Juta per Bulan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 30 Jul 2022 18:36 WIB
Influencer Andi Senja Marlia Bellina, member HaiBunda Squad Influencer Andi Bau Senja Marlia Bellina, member HaiBunda Squad/ Foto: Instagram @senjamarliabellina
Jakarta -

#HaiBunda Tugas utama seorang ibu memang mengurus rumah tangga. Tapi, Bunda juga bisa kok menghasilkan uang selain bekerja di luar rumah. Seperti teman Bubun nih, seorang influencer yang merintis dari nol.

Bunda Senja, salah satu member dan koordinator komunitas HaiBunda Squad. Pemilik nama lengkap Andi Bau Senja Marlia Bellina ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, dan berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Salut deh, di tengah kesibukan bekerja, Bunda Senja terpikir untuk menambah penghasilan sebagai influencer. Awalnya, Bunda Senja hobi ngonten di Facebook dan Instagram sejak Desember 2013 silam. Ia cuma iseng posting foto apa saja yang menurutnya menarik.


"Aku mulai share foto-foto OOTD (outfit of the day), mix and match baju-baju aku, kadang juga pinjam punya Mama aku," ucap Bunda Senja, saat jadi pembicara di HaiBunda Squad Class 'Tips Membuat Konten di Media Sosial agar Dilirik Brand' via Zoom, pada Sabtu (30/7).

Dalam acara yang dihadiri 35 partisipan ini, Bunda Senja juga sharing pengalaman sebagai influencer dan content creator. Menurutnya, bikin konten di media sosial memang tidak semudah yang kita lihat, Bunda.

Ternyata, jadi content creator butuh proses panjang. Mulai dari cari ide, riset, pengambilan gambar atau video, editing, sampai hasilnya kita post di media sosial. Bunda juga perlu tahu, konten seperti apa sih yang bakal dilirik brand.

"Brand lebih suka konten yang natural, pengalaman Bunda memakai produknya, jadi nggak marketing banget," kata Bunda Senja, yang punya 89.218 followers di Instagram.

Influencer dibayar senyuman

Sebelum menghasilkan cuan lewat media sosial, Bunda Senja merintis dari nol lho! Awalnya, ia jadi influencer yang dibayar hanya dengan ucapan terima kasih dan senyuman manis. Ada juga yang barter atau dibayar dengan produk endorsement.

"Dibayar ucapan terima kasih, senyuman manis, barter produk, dibayar 50 ribu (rupiah), 100 ribu juga pernah," tuturnya.

Berkat banyak belajar, Bunda Senja akhirnya bisa meningkatkan skill sebagai content creator yang dilirik brand. Ia bahkan sudah punya job tetap per bulan, Bunda. Bahkan, ia pernah dapat Rp10 juta rupiah per bulan, saat jadi pembicara webinar salah satu Kementerian selama 6 bulan.

HaiBunda Squad Class Konten Media SosialHaiBunda Squad Class Konten Media Sosial/ Foto: Dok. Zoom HaiBunda

Meski begitu, bukan berarti Bunda Senja tak lagi menerima barter atau free endorsement. Apalagi, kalau ia diminta mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ia rupanya tak mau melupakan perjalanannya sebagai influencer sejak 2013 silam.

"Sampai hari ini, saya masih menerima free atau barter produk. Kita lihat dulu produknya, dari brand kecil atau besar. Misalnya produk UMKM, saya mau bantu kok," ujarnya.

Ia pun berpesan untuk para Bunda yang ingin cuan dari rumah. Penting banget menghargai proses, dari nol lebih bagus daripada instan. Pasalnya, banyak content creator yang tiba-tiba viral, lalu menghilang.

"Banyak belajar, cari pengetahuan, sharing sesama teman, kita juga bisa ikutan komunitas seperti HaiBunda Squad, kelas-kelas online seperti ini," saran Bunda Senja.

"Jangan semua dinilai dengan materi, walaupun ujung-ujungnya kita mencari materi. Itu bonus dari perjuangan kita, biarkan akun kita berkembang secara organik."

Konten dilirik brand

Selain Bunda Senja, HaiBunda Squad Class hari ini juga kedatangan satu tamu spesial lagi. Teman Bubun juga nih, Karilla Maidiana, Socmed Specialist Detikcom dan HaiBunda. Bunda Karilla sharing tips dan trik agar konten media sosial Bunda dilirik brand untuk endorsement.

Ada 3 hal yang diperhatikan brand, yakni:
1. Seberapa banyak followers atau audience
2. Seberapa sering Bunda nge-post
3. Level of engagement atau interaksi dengan followers

"Tentukan persona Bunda mau dilihat sebagai apa, misal wanita karier, food blogger, atau beauty vlogger," ujar Karilla.

Ia juga menyarankan, "Bikin dua akun berbeda di media sosial. Satu untuk kegiatan sehari-hari Bunda dan satu lagi untuk konten profesional."

Yang enggak kalah penting, Bunda harus semangat, enjoy, dan konsisten kalau mau jadi content creator atau influencer. Nah, bagi Bunda yang mau menambah pengetahuan dan dapat banyak giveaway, gabung komunitas HaiBunda Squad yuk! Daftar di SINI.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!