sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Faktor Penting yang Membuat Anak Bertambah Tinggi, Olahraga Salah Satunya

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 06 Sep 2022 19:57 WIB
Tinggi Badan Anak caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, kita pastinya ingin anak memiliki masa pertumbuhan yang optimal. Salah satu yang menjadi penilaian yakni dengan tinggi tubuh Si Kecil ya, Bunda.

Karena hal tersebut pula, Bunda dan Ayah kerap berpikir, kira-kira hal apa saja yang membuat tubuh anak bisa tumbuh tinggi? Apakah benar harus melakukan olahraga tertentu?

Menjawab pertanyaan tersebut, dr. Andhika Raspati, Sp.KO spesialis olahraga memberikan jawaban, nih. Katanya, untuk memenuhi harapan tersebut, anak-anak perlu melakukan aktivitas fisik yang cukup.


Jenis-jenis olahraga sesuai usia anak

Olah raga pada anak dibagi menjadi dua, di antaranya:

1. Untuk anak batita-balita

Aktivitas fisik atau olahraga pun terbagi berdasarkan usia. Untuk anak batita hingga balita, upayakan untuk melakukan hal-hal yang membuatnya senang bergerak sejak dini.

"Untuk olahraga anak, kita perlu melihat kelompok usianya. Jika bicara aktivitas fisik, anak dari balita pun sudah harus aktif," kata dr Andhika dalam IG Live HaiBunda pada Selasa (6/9/2022).

Untuk waktu, anak-anak usia ini tak perlu lama dan bisa dibagi dalam sehari penuh. "Kita mengharapkan anak bergerak secara fisik atau berolahraga, 60 menit dalam sehari. Itu bisa kita bagi, misalnya dicicil. Artinya, bisa pagi main selama 20 menit, siang 20 menit, sore 20 menit. Nah ini kita hitung sebagai kardio yang bagus untuk anak-anak," sarannya.

2. Untuk anak usia sekolah

Selanjutnya, orang tua mulai bisa mengajak anak usia sekolah untuk mengenal olahraga yang lebih serius. Misalnya, dalam kegiatannya ada aturan yang harus ditaati seperti bermain bola.

"Kalau kita bicara olahraga seperti nge-gym atau olahraga yang sifatnya kompetitif, ya nanti ketika dia sudah masuk di usia SD," tuturnya.

Selain itu, Ayah dan Bunda juga tidak perlu terlalu banyak intervensi. Biarkan anak bergerak sesuai keinginannya karena itu akan mendukung otot dan jantung mereka lebih kuat.

"Jadi buat Ayah dan Bunda, saat melihat anak aktif bermain, jangan terlalu 'Awas nanti jatuh'. Itu olahraga buat mereka untuk memperkuat otot dan jantung. Makanya permainan seperti manjat-manjat, monkey bars (gelantungan) itu disaranin," ungkap dr Andhika.

Olahraga terstruktur

Nah, Bunda. Anak-anak yang dikenalkan dengan beberapa olahraga bersifat terstruktur juga ada aturannya. Berikut di antaranya:

1. Anak bermain fun

Sebagai orang tua, kita bebaskan anak untuk melakukannya dengan bahagia. Dengan begitu, ia akan suka bermain dan tubuhnya mendapatkan aktivitas fisik yang cukup.

"Aktifitas fisik ini harus yang menyenangkan bagi dia. Jadi jangan maksain harus perform, juara," terang dokter yang akrab disapa Dhika ini.

2. Variatif

Olahraga juga ada banyak macamnya, Bunda. Masing-masing dari aktivitas tersebut memiliki manfaat yang beragam pula. Oleh karana itu, anak disarankan mencoba semua jenis olahraga agar gaya geraknya bervariasi, ya.

"Yang namanya anak-anak, kita mau mereka memperkaya khazanah geraknya. Ini bisa dilakukan den mengikutsertakan anak dengan olahraga yang bervariasi," kata dr Dhika.

"Jangan cuma diajarin futsal doang. Selain itu bisa diajarin gymnastic juga biar badannya lentuk, berenang, sepeda," lanjutnya.

Lantas apa saja faktor-faktor penting yang dapat membuat anak bertambah tinggi? Baca kelanjutanya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga lima olahraga yang bisa menambah tinggi badan anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



FAKTOR UTAMA ANAK TINGGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!