sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Tips Sukses Menyusui Ala Mona Ratuliu, Mudah & Bisa Ditiru Bun

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 17 Aug 2022 12:50 WIB
Keponakan Mona Ratuliu, Balint 3 Tips Sukses Menyusui Ala Mona Ratuliu, Mudah & Bisa Ditiru Bun/Foto: Instagram @monaratuliu
Jakarta -

Bagi sebagian Bunda, menyusui menjadi proses yang paling sulit, ya? Namun, sebetulnya fase-fase sulit ini sebetulnya bisa dilewati dengan mudah seperti halnya pengalaman Mona Ratuliu.

Seperti yang kita tahu, Mona Ratuliu sudah melahirkan 4 orang anak. Kemudian, ia juga menyusui Balint, keponakannya laki-lakinya di saat bersamaan dengan sang putri bungsu, Numa.

Hal ini tentunya menjadi tanda tanya bagi sebagian orang. Kira-kira, bagaimana cara istri Indra Brasco tersebut bisa sukses menyusui keduanya? Apakah ASI-nya cukup? Apa upaya yang dilakukan agar ASI-nya terus diproduksi?


Banner Aliya Rajasa

Ternyata, Mona tak mengambil pusing dengan hal-hal yang kebanyakan dikhawatirkan oleh ibu menyusui, Bunda. Karena nyatanya, ia hanya fokus pada diri sendiri dan percaya bahwa ASI akan terproduksi secara natural sesuai kebutuhan anaknya.

"Aku sih termasuk yang 100 persen percaya bahwa secara natural, ASI itu akan cukup untuk bayi," tuturnya dalam LIVE IG HaiBunda pada Selasa malam (16/8/2022).

Selama fase menyusui kedua anak-anaknya yang masih bayi tersebut, wanita kelahiran 40 tahun itu tak pernah menakar berapa kuantitas ASI miliknya.

"Aku enggak pernah menakar-nakar, memerah untuk mengetahui ada beberapa CC, kecuali memang karena ada kebutuhan kayak harus bekerja dan meninggalkan anak, baru."

"Aku lebih melihat ASI cukup itu dari anak yang tenang, artinya dia kenyang. Berat badannya naik dan pipisnya juga sering. Itu saja sudah cukup banget buat aku," sambungnya.

"Jadi intinya, aku bukan ibu yang khawatir dengan banyak atau sedikitnya ASI, gitu."

Tips sukses menyusui

Selain itu, Mona juga bagikan beberapa hal yang selama ini ia lakukan sebagai upaya kecil menjaga produksi ASI. Enggak sulit lho, Bunda. Berikut di antaranya:

1. Banyak minum

Saat menyusui, ibu memang rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk terus mencukupi kebutuhan cairan dengan minum seperti yang dipesankan Mona.

"Banyak minum tentunya, karena semakin sering haus rasanya," tuturnya.

2. Makanan bergizi

Selanjutnya, Mona juga mengingatkan bahwa ia amat memperhatikan pola makan selama menyusui. Bahkan, aktivitas mengemil juga dihilangkan demi bisa makan tepat waktu di jam-jam yang dianjurkan.

"Aku kurangi ngemil karena aku ingin lebih fokus sama makan-makanan bergizi, misalnya yang berprotein. Terus hindari ngemil biar tetap makan di jam makan."

"Aku yakin, makan 3 kali sehari lebih penting daripada ngemil. Karena di situ ada sayur, protein, kita makan buah juga. Ya paling gitu saja sih, berusaha untuk hidup sehat," ujarnya.

3. Menikmati proses

Tips yang paling diwanti-wanti oleh Mona yakni soal menikmati proses menyusui, Bunda. Katanya, momen-momen ini menjadi yang terbaik selama mendampingi anak di masa tumbuh dan berkembangnya.

"Menyusui itu memang sering kali menantang, tapi justru itu yang sangat dirindukan."

"Aku mau menikmati (masa menyusui), karena anak-anak itu gedenya cepet banget. Tiba-tiba sudah SD, SMP, SMA, jadi buat aku masa-masa menyusui itu adalah masa terindah dari mendampingi anak," sambungnya dengan antusias.

Tips dan saran dari Mona Ratuliu terlihat mudah untuk dilakukan nih, Bunda. Bagaimana, tertarik untuk menirunya? Semoga informasi berikut bermanfaat dan bisa membantu Bunda melewati fase menyusui dengan sukses juga, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Asuh baby Balint, Mona Ratuliu rela menyusui dua anak sekaligus. Simak selengkapnya dalam video berikut, yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!