sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Serba-serbi Masalah Anak di Sekolah dan Cara Mengatasinya, Bullying hingga Pelecehan

Annisa A   |   Haibunda Sabtu, 30 Jul 2022 16:10 WIB
Ilustrasi antar anak sekolah Serba-serbi Masalah Anak di Sekolah dan Cara Mengatasinya, dari Bullying Hingga Pelecehan / Foto: iStock
Jakarta -

Sekolah menjadi tempat anak menimba ilmu untuk masa depan mereka. Tak hanya soal akademis, mereka juga belajar bersosialisasi. Namun, apakah Si Kecil dapat bergaul secara sehat?

Ketika anak bersekolah, mereka akan berada di luar pengawasan Bunda. Hal ini mungkin menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua, ya. Apalagi dengan maraknya kasus bullying dan pelecehan di lingkungan sekolah.

Sekolah yang seharusnya menjadi tempat aman dan menyenangkan untuk anak, bisa saja membuat mereka terluka. Namun, hal itu dapat dicegah apabila Bunda mampu membekali Si Kecil dengan kemampuan bersosialisasi dan menjaga diri.


Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membangun rasa percaya diri anak. Dengan memiliki rasa percaya diri, anak akan memiliki pendirian kuat sehingga tidak mudah terseret arus pergaulan negatif. Cara ini dapat mencegah anak melakukan hal tidak terpuji seperti bullying kepada siswa lainnya.

"Banyak anak yang mengikuti kenakalan teman, padahal dia penurut di rumah. Dia merasa geng pertemanan itu seru. Nah, takutnya dia ada perasaan takut dikucilkan dan berbeda dari temannya sehingga ia mengikuti," kata psikolog klinis Muthia Dwi Larasati, M.Psi dalam sesi HaiBunda Live, Selasa (26/7/22).

"Karena itu penting untuk menanamkan rasa percaya diri yang kuat pada anak, sehingga mereka tidak butuh validasi dari orang lain. Agar dia merasa aman dengan diri dia apa adanya," ujarnya.

Setiap hari, luangkan waktu untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak mengenai hal apa yang terjadi di sekolah. Apabila anak melakukan kenakalan, jangan hakimi atau menghukum. Jelaskan mengenai hal yang benar melalui diskusi.

Selain itu, orang tua harus peka terhadap perasaan Si Kecil. Perhatikan apakah anak mengalami hal yang tidak menyenangkan di sekolah. Apabila ia mengalami kejadian traumatis seperti dibully, Bunda akan memerlukan peran dari ahli seperti psikolog atau psikiater. Bunda mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk pindah sekolah.

Untuk berjaga-jaga agar anak tidak menjadi sasaran perbuatan jahat, Bunda juga bisa membekalinya dengan cara melindungi diri. Hal ini tak berarti Bunda harus mengajarinya ilmu bela diri, melainkan bisa dimulai dari hal sederhana.

"Misalnya ada orang asing yang mengaku saudara mau jemput anak, nah dia perlu dibekali kemampuan untuk menolak. Jadi tidak selalu harus bela diri fisik, tapi lebih kepada tegas dalam menyampaikan jawaban. Lalu kalau ada yang menyentuh tubuhnya, ajarkan anak untuk berteriak atau langsung lari. Jadi tidak harus selalu berantem," tuturnya.

Bunda Muthia juga punya cara membekali anak agar terhindar dari pelecehan seksual, hingga tips agar anak mampu bergaul dengan baik di sekolah. Baca di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang tips meningkatkan daya kecil anak agar lancar belajar di sekolah:

[Gambas:Video Haibunda]



AGAR ANAK TERHINDAR DARI PELECEHAN SEKSUAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!