sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Keren! Reuni 62 Perempuan Inspiratif Ibukota: Bidang Kesehatan hingga Lingkungan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 17 Oct 2022 15:03 WIB
Ibu Ibukota Awards 2022 Foto: Dok. Ibu Ibukota Awards 2022
Jakarta -

#HaiBunda di DKI Jakarta, ternyata banyak lho sosok perempuan inspiratif yang jarang tersorot. Tak kurang dari 62 orang penggerak #AksiHidupBaik yang terpilih dalam Ibu Ibukota Awards (IIA). Siapa saja sih mereka?

Bubun kasih tahu dulu ya, IIA ini digagas oleh istri Anies Baswedan, Fery Farhati, sejak 2019. Kala itu, bunda empat anak ini berstatus istri Gubernur DKI Jakarta, serta menjabat Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) DKI.

Ajang apresiasi yang digelar tiap tahun ini bertujuan agar masyarakat jadi lebih empati dan peduli dengan situasi di lingkungansekitar, sehingga tergerak melakukan #AksiHidupBaik. Acara ini juga didukung oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Setelah empat tahun menggali cerita sosok Ibu Ibukota dari berbagai sudut Jakarta, tahun ini IIA 2022 mengajak #BertemuKembali dan mengapresiasi para sosok serta seluruh kolaborator yang menemani tumbuhnya gerakan ini sejak awal.

"Di tahun ini, kami tidak lagi mencari sosok baru. Kami menjadikan momen ini untuk bertemu kembali," ujar Fery, saat Momen Apresiasi Ibu Ibukota Awards 2022, di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 11 Oktober lalu.

Fery menambahkan, acara ini bertujuan menggali lebih jauh cerita #AksiHidupBaik para sosok, mengembangkan potensi, serta memaksimalkan kolaborasi dari 62 sosok yang menjadi keluarga besar Ibu Ibukota Awards sejak 2019 hingga 2021.

Seluruh sosok Ibu Ibukota yang hadir diberikan sebuah selendang batik, Bunda. Selendang batik ini hasil kolaborasi antara Hijasmita, Artuready, dan Dcraft Indonesia, sebagai wujud apresiasi atas berbagai pemberdayaan yang mereka lakukan untuk keluarga-keluarga di Jakarta.

Ibu Ibukota Awards 2022Ibu Ibukota Awards 2022/ Foto: Dok. Ibu Ibukota Awards

Penghargaan Para Perempuan Penggerak

Pada momen ini juga, diberikan penghargaan untuk para sosok di balik lima bidang gerak yang mereka lakukan, yakni:

1. Bidang lingkungan diberikan oleh Ibu Mahariah Sandre (Founder Yayasan Rumah Literasi Hijau) dan Ibu Suzi Marsitawati (Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta).

2. Bidang Kesehatan oleh Ibu dr. Widyastuti (Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu dr. Lily S Sulistyowati (Kepala Sentra Laktasi Indonesia).

3. Bidang Pendidikan oleh Ibu Nahdiana (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Elidawati Ali Oemar (Founder Elzatta Hijab).

4. Bidang Kewirausahaan oleh Ibu Helianti Hilman (Founder Javara Indonesia) dan Ibu Elisabeth Ratu Rante Allo (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta).

5. Bidang Pemberdayaan oleh Ibu Tuty Kusumawati (Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta) dan Ibu Shantica Warman (Freelance Writer, Eks-Pemimpin Redaksi Herworld Indonesia).

Momen apresiasi IIA 2022 adalah puncak rangkaian dari berbagai kegiatan yang diadakan tahun ini, Bunda. Pada Juli lalu, digelar acara TEMALI (Temu Kembali) Ibu Ibukota, sebagai ajang rembuk pendapat dan memperkuat kolaborasi antar sosok untuk keberlanjutan gerakan.

Sedangkan pada Juni 2022, diadakan BEKALI (Belajar Kembali) agar para sosok dapat meningkatkan keterampilan mereka sebagai penggerak masyarakat. Baik dalam berbicara, memecahkan masalah, serta tampil menarik di depan publik.

Lalu selama September, para sosok Ibu Ibukota mengikuti kegiatan Bulan Kolaborasi bekerja sama dengan hampir 40 media dan komunitas, melalui lokakarya, seminar, dan sebagainya. Banyak lho Bunda, komunitas yang mendukung acara ini.

Mereka adalah Teruntuk Project, Buibu Baca Buku Book Club, Sobat Air Jakarta, Bale Buku Jakarta, Bantu Guru Belajar Lagi, Sahabat Gizi, Ibu Punya Mimpi, FoodBank of Indonesia, I Am Okay, Minimalist Moms Indonesia.

Ada juga komunitas Bersama Mama, Fun Garden Literacy, Plus Jakarta, Beri Harapan Indonesia, World Cleanup Day Indonesia, Parenting Is Easy, dan Peri Bumi. Wah, keren dan inspiratif banget!

Btw, ada komunitas yang Bunda ikuti nggak nih? Kalau mau gabung komunitas, join HaiBunda Squad yuk! Gratis daftar di SINI.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!