sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Tips Persiapan Liburan Akhir Tahun, Cek Keuangan dan Pantau Tren Wisata Populer

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 13 Dec 2022 21:50 WIB
Front view of family with two small daughters on trip outdoors in nature, wearing face masks. caption
Jakarta -

Menjelang akhir tahun, Bunda sudah memiliki rencana liburan belum, nih? Sebelum berangkat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan suasana liburan jadi lebih nyaman.

Liburan tentunya merupakan hal yang mengasyikkan. Namun, perlu diingat kembali bahwa liburan bukanlah suatu kewajiban dan hanya bisa dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Financial Planner @finante.id Tommy Hilman, M.T., CFP mengatakan setiap keluarga harus memiliki anggaran dana tersendiri untuk dipakai berlibur. Dana tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi ekonomi masing-masing, Bunda.


"Kalau ada dana yang sudah dialokasikan, silakan jalankan liburan sesuai rencana yang telah kita buat. Tapi seandainya tidak ada alokasi dana, jangan nekat liburan yang memakan biaya besar," ucap Tommy dalam sesi HaiBunda Instagram Live, Selasa (13/12/2).

Sebelum membuat rencana liburan, Tommy menyarankan untuk memeriksa kesehatan keuangan rumah tangga. Jangan sampai memaksakan pergi berlibur hanya demi kepuasan tanpa memiliki bekal yang cukup.

Perencana Keuangan Tommy memaparkan ada empat pilar pondasi keuangan keluarga. Pertama, jumlah pemasukan tentu harus lebih besar daripada pengeluaran. Selain itu, Bunda harus memiliki dana darurat dalam rekening terpisah.

Selanjutnya, periksa apakah Bunda masih memiliki utang dan berapa jumlah yang masih menjadi tanggungan. Kemudian Tommy mengatakan pentingnya memiliki asuransi jiwa dan kesehatan untuk setiap anggota keluarga.

Jika keempat pilar tersebut sudah dipenuhi, itu artinya Bunda sudah bisa membuat rencana liburan. Mulai lah dengan mengumpulkan dana liburan di rekening terpisah.

"Bikin check list, kalau ternyata banyak yang belum terselesaikan, tidak usah terburu-buru melakukan sesuatu dengan biaya mahal. Alihkan liburan dengan kegiatan yang memakai biaya lebih murah," kata Tommy.

Dana liburan harus dipastikan mencakup berbagai keperluan, seperti tiket transportasi, tempat menginap, tiket wisata, biaya konsumsi, parkir, hingga biaya tak terduga.

"Kadang-kadang liburan kan tidak berjalan mulus ya. Ada kejadian seperti koper atau uang hilang, nah sebaiknya ada alokasi dana untuk kejadian tak diduga," tuturnya.

Jika Bunda telah siap, Bunda bisa mempersiapkan liburan akhir tahun dengan lebih tenang. Ada sejumlah destinasi wisata populer yang tengah menjadi tren di akhir tahun ini, lho. Baca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang 7 wisata ramah anak di Indonesia:

[Gambas:Video Haibunda]

TREN DESTINASI WISATA POPULER AKHIR TAHUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!