kehamilan

Langsung Hamil Setelah Nikah, Ini yang Perlu Bunda Perhatikan

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 02 Jul 2017 14:05 WIB
Langsung Hamil Setelah Nikah, Ini yang Perlu Bunda Perhatikan
Jakarta -
Yang namanya sepasang insan baru menikah, langsung punya anak adalah hal yang wajar ya Bun. Tapi sebenarnya kita harus punya persiapan yang matang lho untuk beralih status menjadi orang tua.
"Pertama ada proses pengenalan terlebih dahulu, kedua dia sudah siap atau belum saat punya anak nanti. Kalau belum siap atau setengah-setengah takutnya akan berdampak baby down syndrome," pesan dr Hendrivand, SpOG saat berbincang dengan HaiBunda.
Nggak cuma calon bunda nih yang berperan banyak. Calon ayah alias sang suami juga punya peran yang nggak kalah penting lho. Iya, soalnya kesehatan bunda dan janin nggak mutlak tanggung jawab bunda semata.
"Support sang suami juga perlu untuk ibu muda yang baru hamil," tegas dokter yang berpraktik di RS Permata Depok ini.
dr Hendrivand menambahkan bahwa hal yang perlu diperhatikan oleh calon Bunda muda untuk menjaga kandungannya adalah dengan melakukan screening darah dan diabetes pada awal kehamilan. Selanjutnya akan dilakukan screening punduk pada jabang bayi, jika ukurannya 3 mm itu normal, sedangkan bila di atas 3 mm itu bisa terjadi down syndrome. Untuk pengecekan ini yang biasa dilakukan adalah dengan screening darah.
Dalam mempersiapkan diri menjadi orang tua itu memang nggak cuma secara fisik aja ya Bun, tapi juga secara mental. Ketika kita sudah jadi orang tua, kita pun harus terus-terusan meng-upgrade pengetahuan. Ini penting biar kita nggak banyak termakan mitos yang nggak jelas.
Lebih dari itu, pengetahuan tentang parenting perlu kita ketahui dan pelajari untuk membantu kita dalam mengarahkan anak kita nantinya.
Nah, bagi Bunda yang langsung hamil sesaat setelah menikah dan merasa belum siap, tetap semangat ya Bun. Dalam belajar itu nggak ada yang terlambat. Dengan HaiBunda, yuk kita belajar bersama Bun. Mungkin kita bukanlah orang tua yang sempurna, tapi dengan saling berbagi di sini, kita bisa bertumbuh bersama dan berusaha menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak kita.



(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi