sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Perlu Tahu, Penyebab Ibu Hamil Jadi Lebih Sensitif dan Mudah Menangis

Kinan Sabtu, 16 May 2020 08:00 WIB
Pregnant woman suffering migraine sitting on a sofa at home caption
Jakarta -

Kehamilan adalah salah satu periode besar yang dialami oleh wanita. Salah satu kondisi yang kerap dikeluhkan yakni perasaan yang menjadi lebih sensitif. Kondisi ini dikenal juga sebagai mood swings.

Pada trimester pertama, perubahan mood ini umumnya terjadi akibat ada perubahan pada hormon dalam tubuh. Kadar estrogen dan progesteron akan menjadi lebih tinggi selama waktu tersebut, sehingga mood swings rentan terjadi.

Sementara itu, di trimester kedua dan ketiga, mood swings terjadi umumnya akibat perubahan pada beberapa bagian tubuh dan ditambah dengan hormon yang kian berubah-ubah.


Jika perasaan mudah menangis berlanjut semakin sering, waspada bisa mengarah pada depresi ya, Bun. Waspadai jika perasaan sensitif terjadi juga dengan gejala depresi seperti tidak nafsu makan, merasa bersalah, cemas, kurang tidur dan bahkan ingin melukai diri sendiri.

Dilansir Healthline, segera lakukan konsultasi dengan ahlinya jika sudah mengalami tanda-tanda yang mengarah pada depresi.

Depression in pregnant women, the waiting period, the fear of childbirthIlustrasi ibu hamil menangis.. (Foto: Istock)

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa adanya masalah mental seperti kecemasan dan depresi selama hamil meningkatkan risiko persalinan prematur dan berat badan lahir rendah.

"Sebagian ibu hamil memang rentan mengalami perubahan suasana hati akibat faktor hormonal. Waspadai adanya gejala depresi. Wanita yang memiliki riwayat keluarga depresi dan lebih berisiko untuk mengalaminya juga," ujar dokter spesialis kandungan Dr Marra Francis, dilansir Parents.

Upayakan untuk tetap menenangkan diri, selalu jaga komunikasi dengan pasangan dan berpikir positif selama hamil demi menjaga kesehatan mental ya, Bun!

Simak juga asupan makanan apa saja yang bisa meningkatkan mood dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi