kehamilan

Tahapan Perkembangan Janin: Minggu ke-19

Joko Supriyanto Minggu, 16 Jul 2017 13:12 WIB
Tahapan Perkembangan Janin: Minggu ke-19
Jakarta - Calon bayi Bunda tumbuh dengan pesat. Nggak kerasa sekarang ukuran bayi sudah menyerupai buah mangga yang memiliki panjang 15,29 cm dan berat 240,12 gram. Sistem saraf (yang biasa ditulis syaraf) yang sudah sempurna ditandai dengan adanya cairan otak untuk melindungi jaringan otak.

Kakinya sekarang lebih panjang dari lengannya. Dengan semua otot dan saraf baru yang sudah bisa berfungsi, si kecil akan berbaring saat bangun tidur, meski pada saat ini dia masih terbangun dengan mata terpejam.

Saat bayi Bunda siap untuk mengendalikan gerakannya sendiri, tubuhnya sibuk membuat myelin, zat lemak yang melapisi dan mengisolasi saraf (yang biasa ditulis saraf) di sekujur tubuhnya, kemudian akan berpindah dari otak ke ujung jari kaki dan kembali lagi melalui impuls. Sekarang bayi Bunda memiliki sel saraf sebanyak orang dewasa. Senangnya!


Lengan dan kaki bayi di minggu ini sudah proporsional Bun. Selain itu, bayi juga bergerak lebih banyak dengan kontrol anggota badan saat tulang rawan mulai mengeras. Kulit mereka sekarang mulai tidak tembus pandang dan mulai mengembangkan pigmen yang akan menentukan warna kulitnya.

Si kecil juga mulai mengembangkan rambut di kulit kepala, meski warnanya putih dan berpigmen bebas karena warna rambut belum ditentukan pada minggu ini. Tubuh bayi bekerja keras untuk tumbuh kuat dan sehat, terutama pada bagian jantungnya yang masih kecil.

Ginjal bayi terus membuat air kencing. Lapisan pelindung lilin yang disebut vernix caseosa terbentuk di kulitnya untuk mencegah cairan ketuban kotor.

Selama kehamilan minggu ini, Bunda bisa saja memiliki keluhan pandangan buram yang ringan. Hal ini bisa terjadi karena rahim yang membesar karena tumbuhnya si kecil memberi tekanan pada pembuluh darah Bunda. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi