sign up SIGN UP search


kehamilan

Apa Sih Makanan yang Perlu Dipantang Ibu Hamil?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 01 Aug 2017 10:59 WIB
Demi si kecil, ibu hamil perlu memperhatikan asupan makanannya, nih. Eh, tapi apa ya makanan yang perlu dipantang selama hamil? caption
Jakarta - Agar si kecil di dalam lahir tetap sehat, salah satu yang penting banget diperhatikan sama bunda yang lagi hamil adalah asupan makannnya ya, Bun. Eh, tapi apa sih makanan yang memang perlu dipantang selama bunda lagi mengandung?

Kalau kata dr Yuslam Edi Fidianto SpOG nih, Bun selama makanan yang dijual nggak ada peringatan dilarang sama ibu hamil, semestinya boleh aja ya Bun dikonsumsi. Apalagi, Kementerian Kesehatan kan juga sudah punya regulasi. Tapi, yang perlu diperhatikan itu baiknya ibu hamil nggak konsumsi makanan yang mentah.

"Soalnya yang mentah-mentah kan kemungkinan masih ada kuman yang nggak bisa mati. Kedua, makanan dibakar. Soalnya, makanan yang dibakar nggak bisa matang semuanya, terus bisa aja yang kemakan arangnya. Apalagi kalau sate enaknya kan yang krenyes-krenyes gitu ya. Itu nggak bagus sebenarnya," kata dr Yuslam yang praktik di RS Mayapada Lebak Bulus waktu ngobrol sama HaiBunda.


Jadi, kalau Bunda yang lagi hamil mau makan sayur, baiknya diolah dulu sampai benar-benar matang ya, Bun. Berarti, nggak boleh makan salad dong, Dok? Kata dr Yuslam, boleh aja Bun tapi ada syaratnya yaitu harus dicuci dengan cairan khusus pencuci sayur. Kalau kayak gitu, kumannya kata dr Yuslam hampir hilang.

Begitu juga dengan ikan, baiknya Bunda konsumsi ikan yang matang ya. Terus, gimana nih Bun kalau kita pengen makan sushi atau sashimi? Apa nggak boleh sama sekali? dr Yuslam bilang, tentunya boleh tapi kita pilih ikannya yang bagus. Terus, pesan dr Yuslam Bun, pilih restorannya yang jelas ya.

Untuk konsumsi telur juga jangan yang setengah matang ya, Bun. Soalnya, diungkapkan dr Yuslam telur setengah matang itu satu-satunya media untuk tumbuhnya salmonella typhi. Biasanya, salmonella typhi ini bisa masuk ke telur dan 'bersemayam' di bagian putih telur yang lebih kental.

"Protein ini sulit dicerna, bisa jadi tempat hidupnya salmonella. Karena sulit dicerna, bisa timbulkan keluhan diare. Maka baiknya kalau makan telur ya direbus, digoreng, pokoknya matang," tambah dr Yuslam.

Sama aja Bun kalau kita mau makan kue yang setengah matang misalnya kue cubit, kan beberapa orang ada yang hobi sama kue cubit setengah matang nih. Baiknya jangan Bun. Sebab, gimanapun telurnya kan belum matang Bun. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi