sign up SIGN UP search


kehamilan

Jangan Asal Kenyang, Ini 7 Kategori Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Kinan Jumat, 29 Jan 2021 16:33 WIB
Agar kebutuhan nutrisi janin terpenuhi, ibu hamil muda wajib mengonsumsi makanan sehat. Apa saja kategori makanan untuk ibu hamil muda yang aman dan sehat? caption

Saat hamil muda, sebagian besar wanita akan mengalami mual dan muntah. Agar nutrisi tetap terjaga, apa saja kategori makanan sehat untuk ibu hamil muda yang sebaiknya dikonsumsi?

Ya, tetap mengonsumsi makanan bergizi tinggi merupakan langkah penting agar nutrisi janin terpenuhi. Ingat, masa awal kehamilan janin sedang tumbuh dan berkembang pesat lho, Bunda.

Maka dari itu, jangan abaikan pola makan saat sedang hamil muda, ya. Dilansir berbagai sumber, berikut 7 kategori makanan sehat untuk ibu hamil muda yang sebaiknya dikonsumsi:


1. Sayuran

Sangat penting bagi ibu hamil muda mengonsumsi sayuran setiap hari, terutama dari segala macam jenis warnanya. Salah satu warna sayuran yang baik untuk ibu hamil yakni hijau, seperti bayam, brokoli dan kale.

Bayam kaya akan asam folat, sementara brokoli diketahui mengandung tinggi zat besi. Zat besi penting untuk tumbuh kembang bayi di trimester pertama.

Untuk warna-warni sayur lainnya, Bunda bisa memilih tomat, asparagus, dan wortel. Jangan lupa pastikan semua jenis sayur ini dimasak dengan matang sempurna, ya.

2. Buah-buahan

Selain sayur, buah-buahan menjadi kategori makanan sehat untuk ibu hamil muda juga. Dikutip dari What to Expect, direkomendasikan jumlah asupan buah untuk ibu hamil muda yakni sekitar tiga porsi per hari.

Beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi yakni jeruk, alpukat, pisang, pir, melon, anggur, jambu biji, apel, semangka dan mangga.

3. Produk susu dan olahannya

Sama seperti buah-buahan, Bunda juga direkomendasikan untuk mengonsumsi tiga porsi produk susu dan olahannya. Salah satu olahan susu yang baik dikonsumsi yakni keju. Keju tinggi kalsium, sehingga baik untuk perkembangan tulang dan otot janin.

Selain keju, konsumsi langsung susu rendah lemak dan yoghurt juga bisa menjadi pilihan ideal Bunda di awal kehamilan.

4. Biji-bijian utuh

Gandum utuh, oat, barley, jagung, millet dan beras adalah beberapa jenis biji-bijian yang bisa dikonsumsi ibu hamil muda. Kategori makanan ini cukup penting karena memasok energi untuk tubuh Bunda, sekaligus menunjang tumbuh kembang janin.

Biji-bijian juga penting dipenuhi guna membantu pertumbuhan plasenta lho, Bunda.

5. Makanan non-sayuran

Beberapa jenis makanan non-sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil muda yakni sup kaldu ayam hangat, telur dan daging tanpa lemak. Namun pastilan Bunda mengonsumsi unggas dan daging yang dimasak dengan matang sempurna, guna mencegah masalah pencernaan dan infeksi bakteri.

Ikan juga baik rutin dikonsumsi karena kaya akan asam lemak omega 3. Tapi ingat ya Bunda, hindari berlebihan konsumsi ikan laut seperti makarel, udang, dan ikan todak, karena cenderung memiliki kandungan merkuri tinggi.

6. Protein

Untuk menunjang kebutuhan tumbuh kembang janin, ibu hamil muda sebaiknya konsumsi dus porsi protein per hari. Salah satu makanan sumber protein yang bisa dipilih yakni telur. Pastikan telur dalam kondisi masih segar dan dimasak matang sempurna guna mencegah kontaminasi bakteri.

Selain telur, Bunda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, daging ayam, susu dan selai kacang. Pastikan dulu Bunda tidak alergi susu dan kacang, ya.

7. Camilan

Mual dan muntah menjadi keluhan umum yang banyak dialami ibu hamil muda. Maka dari itu, pastikan perut tetap terisi di sela-sela jam makan. Jangan lupa selalu sedia camilan sehat agar terhindari dari risiko mual berlebihan.

Beberapa contoh camilan sehat untuk ibu hamil muda yakni biskuit, permen jahe, pretzel, dan popsicle buah-buahan.

Dilansir Parenting First Cry, edamame juga bisa jadi pilihan camilan ideal untuk ibu hamil di trimester pertama. Asupan ini kaya akan protein, kalsium, zat besi dan folat.

Berapa banyak ekstra kalori yang dibutuhkan di trimester pertama?

Selama trimester pertama, tubuh Bunda memerlukan rata-rata sekitar 2.000 kalori per hari. Namun jumlah rekomendasi ini bisa berbeda diberikan oleh dokter, bergantung dari tingkat aktivitas harian Bunda.

Untuk memenuhi jumlah kebutuhan kalori harian ini, jangan lupa makan besar tiga kali plus satu atau dua porsi camilan. Jika menghitung ukuran porsi terasa sulit, Bunda bisa mengutamakan kualitas. Pastikan makanan yang dikonsumsi padat gizi dan berkualitas baik, ya.

Simak juga posisi tidur untuk ibu hamil dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi