Sign Up search


kehamilan

Upaya Seorang Bunda Memperbaiki Posisi Bayinya yang Sungsang

Asri Ediyati Jumat, 03 Nov 2017 13:02 WIB
Upaya Seorang Bunda Memperbaiki Posisi Bayinya yang Sungsang caption
Jakarta - Tahu janin di kandungan dalam posisi sungsang pasti bisa bikin bunda panik dan takut. Sama halnya yang dialami ibu yang juga blogger, Emily Catherine. Si bayi dalam posisi sungsang hingga malam terakhir sebelum lahir di keesokan harinya, Bun.

"Menjelang persalinan, saya memang sebelumnya telah dijadwalkan untuk operasi caesar. Pagi harinya kontraksi hebat dan langsung menuju rumah sakit untuk persalinan darurat. Saat tiba, tenaga medis langsung memeriksa kondisi bayi dengan USG. Hasilnya membuat kami terkejut bukan main, bayinya ada pada posisi normal dan saya bisa bersalin normal," kata Emily di blog pribadinya.

Baca juga: Kenali Penyebab Janin Sungsang


Ya, sebelum ke RS Emily memang melakukan berbagai upaya supaya posisi bayinya nggak sungsan. Nah, Emily sendiri memiliki rahim kembar yang berarti terbentuk dinding yang memisahkan rahim kanan dan kiri, namun leher rahim atau serviks tetap satu. Biasanya kondisi ini sudah terbentuk karena cacat bawaan.

Biasanya tingkat keparahan kasus tergantung masing-masing ibu. Kalau kasus Emily, untungnya tergolong ringan. Tapi, tetap lebih bisa menimbulkan kesulitan saat persalinan dibanding wanita dengan rahim normal. Rahim kembar bisa membuat bayi dengan posisi sungsang lebih sulit memutar posisinya karena ruang rahim yang lebih sempit.

Sebelum akhirnya si bayi diketahui sudah berada di posisi normal, Emily melakukan hal-hal yang direkomendasikan dokter kandungannya. Kata Emily, ia tetap berpikir positif meski bayinya dalam posisi sungsang dan harus menjalani operasi caesar. Nah, apa aja sih yang dilakukan Emily untuk membalik posisi bayinya dari sungsang jadi normal?

1. Kompres Hangat dan Dingin pada Perut

Emily bilang, cara yang satu ini agak konyol. Tapi ia mencoba sebaik mungkin hal-hal yang direkomendasikan sang dokter. Emily mencoba mengompres bagian atas perutnya dengan sekantong biji atau jagung pipil beku. Kemudian di bagian bawah, ia kompres dengan sesuatu yang hangat seperti sebungkus nasi yang dipanaskan. Harapannya sih, bayi akan membalik arah ke bagian yang lebih hangat, Bun.

2. Berbalik di dalam Air

Emily mencoba untuk melakukan eksperimen ini di kolam renang. Jadi, dia melakukan gerakan memutar badan di dalam air. Menurut Emily, dengan melakukan gerakan ini diharap bayi di dalam rahim juga lebih mudah memutar posisinya dari sungsang ke normal.

"Saya tahu mungkin kalian pikir ini mustahil dilakukan ibu hamil. Tapi, punggung saya justru terasa ringan saat melakukan gerakan ini. Harapan saya adalah bahwa cara ini akan membantu si kecil memiliki momentum yang cukup untuk memutar tubuhnya dari posisi sungsang," kata Emily.

Baca juga:Begini Proses Kelahiran Bayi Sungsang Melalui Operasi Caesar

3. Pakai Bola Yoga

Ia sangat menyarankan untuk semua ibu hamil duduk di atas bola yoga kemudian menggerakan pinggulnya karena gerakan ini sangat bermanfaat. Nggak cuma mengurangi rasa sakit karena kontraksi, berdasarkan apa yang dia alami, Emily merasa gerakan ini juga bermanfaat memutar posisi bayi yang sungsang seperti yang dialaminya.

4. Yoga Prenatal

Salah satu gerakan yoga hamil yang kerap dilakukan Emily adalah Pose rock the baby atau rocking child. Pose yoga yang mudah ini disebut bisa membantu posisi bayi sungsang jadi normal. Kata Emily pose ini sangat mudah lantas dia melakukannya sehari sekali. Selain membantu menormalkan posisi bayi, pose rock the baby disebut bisa meringankan pegal di punggung dan melatih pernapasan ketika persalinan. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi