kehamilan

Cool! Saat Ibu Nge-dance Bareng sang Dokter Jelang Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 07 Nov 2017 09:16 WIB
Cool! Saat Ibu Nge-dance Bareng sang Dokter Jelang Melahirkan
Jakarta - Lagi merasakan kontraksi jelang melahirkan, bunda yang satu ini minta diputarkan musik supaya bisa berjoget, Bun. Nggak sendirian, ternyata sang dokter kandungan dengan senang hati menemaninya berjoget lho.

Bunda ini bernama Camilla Rocha. Aksinya ketika berjoget jelang melahirkan diunggah ke halaman Facebook sang dokter, dr Fernando Guedes da Cunha. Dalam video berdurasi 43 detik itu, terlihat Camilla yang memakai midi dress biru menggoyangkan badan dengan asyiknya bersama sang dokter. Camilla juga mengikuti banget gerakan yang dilakukan dr Fernando.

"Anda sedang bekerja dan pasien akan melahirkan. Dia minta diputarkan musik dan kita membuat koreografi sehingga gerakan itu bisa membantu proses melahirkan. Hasilnya, persalinan normal. Selamat Camilla Rocha," tulis dr Fernando di halaman Facebook-nya.


Dalam situs Tudo Sobere Minha Mae, dr Fernando mengatakan ide nge-dance bareng pasiennya yang akan melahirkan bermula dari Camilla yang memang sudah melihat video soal nge-dance jelang persalinan. Namun, dr Fernando setuju melakukan itu karena dia sudah mengevaluasi kondisi pasiennya.

Sebagai dokter, ia menekankan pentingnya keselamatan pasien. Ini artinya, dokter juga perlu mengevaluasi kondisi pasien karena ada ibu hamil yang memiliki risiko tinggi. Kalau begitu, sudah pasti nggak semua gerakan nge-dance bisa dilakukan. Bahkan, kata dr Fernando ibu hamil dengan risiko tinggi seperti perdarahan atau plasenta yang terlalu dekat dengan serviks nggak bisa melakukan gerakan nge-dance.

"Apalagi Kementerian Kesehatan juga sudah merilis poster soal gerakan ibu hamil yang bisa membantu mempermudah persalinan. Membungkuk, berjalan, dan ketika kami nge-dance, hanya perlu dilakukan kombinasi gerakan-gerakan itu," kata dr Fernando yang berpraktik di Hospital Maternidade Municipal De Seropedica, Brasil, ini.

Dokter dan pasien yang akan melahirkan nge-dance barengDokter dan pasien yang akan melahirkan nge-dance bareng/ Foto: Istimewa


Apa sih manfaat dari nge-dance jelang melahirkan seperti ini? Menurut dr Fernando, dalam kasus Camilla, memang dialah yang meminta diputarkan lagu. Nah, nge-dance sambil mengikuti irama musik sendiri bermanfaat banget supaya kita merasa rileks kan, Bun. Untuk itu, dr Fernando nggak mengesampingkan juga efek nge-dance jelang melahirkan sama kondisi psikologis si ibu.

"Ibu bisa berada di level nyeri yang amat para dan untuk beberapa ibu, nge-dance bisa membantu meredakannya karena saat nge-dance ada perasaan happy. Ini jelas kaitannya dengan kondisi psikis. Yang terpenting, tenaga medis termasuk dokter tetap harus mengawasi dan mengevaluasi kondisi pasien yang pada dasarnya berbeda," tambah dr Fernando.

Hmm, gimana, Bun? Mau mencoba nge-dance untuk membantu mengurangi nyeri yang dirasakan jelang melahirkan? (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi