kehamilan

Nggak Semua Ibu Hamil Happy Perutnya Dipegang Orang Lain

Melly Febrida Senin, 04 Dec 2017 07:00 WIB
Nggak Semua Ibu Hamil Happy Perutnya Dipegang Orang Lain
Jakarta - Sering banget ya, kita menyampaikan perhatian pada teman yang sedang hamil sambil memegang perutnya yang membuncit. Iya, kadang kita nggak izin dulu untuk memegang perutnya. Padahal ternyata nggak semua ibu hamil suka perutnya dipegang orang lain.

Jadi, Bun, sebuah penelitian menunjukkan 7 dari 10 wanita hamil mengeluh jika orang menyentuh perutnya tanpa izin. Ada 26 persen yang mengeluhkan hal ini.

Selain memegang perut, mengomentari bentuk dan ukuraan tubuh juga membuat ibu hamil tidak nyaman. Ada 24 persen yang mengeluhkan soal ini.


Itulah hasil penelitian yang dilakukan C&G Babyclub. Selain itu, penelitian juga menemukan setelah bayi lahir, 90 persen mengaku menerima saran tentang merawat anak meski tidak memintanya.

Sementara itu sepertiga ibu mengaku menerima nasihat parenting beberapa kali dalam seminggu, dan seperlima menerima saran yang tidak diinginkan setidaknya seminggu sekali. Ibu baru kebanyakan tidak meminta saran dari anggota keluarganya. Sebaliknya, satu dari empat ibu mengungkapkan mendapat nasihat parenting berasal dari orang lain di luar keluarga.

Tampaknya bagus ya, memberi nasihat ke ibu baru. Tapi sebenarnya ibu baru bisa saja tertekan dengan bombardir nasihat, lho. Masih dari penelitian nih, Bun, mayoritas ibu (yakni sejumlah 82 persen) merasakan bingung dan tekanan luar biasa dengan nasihat yang ternyata saling bertentangan.

Contohnya saja terkait nasihat jangan pernah membangunkan bayi yang tidur. Tapi nasihat lain menyarankan untuk membangunkan bayi setelah tidur beberapa jam. Ada juga yang menasihati untuk tidak membiarkan bayi menangis, namun beberapa orang lainnya memberi nasihat untuk membiarkan saja bayi menangis karena itu baik untuk paru-parunya. Hmm, membingungkan juga ya.



Ibu dua anak, Helen Plass, lebih memilih satu atau dua sumber terpercaya saat ragu dengan saran banyak orang. "Sering mendengarkan ibu Anda sendiri bisa sangat berguna. Dan yang paling penting adalah cinta Anda terhadap bayi Anda, ini akan membuat Anda melakukannya secara natural," katanya seperti dilansir Irrishmirror.

Kalau saya dulu waktu hamil sih nggak masalah kalau perut saya dipegang orang lain yang saya kenal. Tapi mendadak bete kalau orang tersebut sambil bilang, "Sudah 36 minggu tapi kayak 20-an minggu ya. Jangan malas makan dong, kasihan bayinya". Waduh nggak tahu saja dia, saya makan tiap dua jam sekali.

Soal perut ibu hamil, memang nggak semuanya sama besar kok. Rahim akan membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, namun proporsinya pada satu wanita dengan yang lain nggak sama. Penjelasan dr Aryando Pradana, SpOG dari RSIA Bunda Menteng, ini membuat saya lebih tenang.



"Makanya ada orang yang berbadan kecil tapi baru mengandung beberapa bulan perutnya sudah membesar, atau orang yang berbadan besar tapi perutnya tak terlalu besar padahal usia kehamilannya sudah berapa bulan," katanya, seperti dikutip dari detikHealth. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi