sign up SIGN UP search


kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Larutan Penyegar? Ini Penjelasannya

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 17:25 WIB
ilustrasi ibu hamil minum air putih caption

Saat sedang hamil, apapun yang Bunda makan pasti akan berpengaruh kepada Si Kecil yang sedang Bunda kandung. Artinya, Bunda harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Bisa jadi efeknya berjangka pendek, namun sangat mungkin juga efeknya menjadi berjangka panjang untuk Si Kecil nantinya.

Tidak menentunya cuaca mungkin akan membuat Bunda sakit, seperti mengalami panas-dalam. Atau, karena Bunda dehidrasi, Bunda memutuskan untuk meminum sesuatu yang sangat menyegarkan tenggorokan. Seperti soda, atau sekadar larutan penyegar. Namun, Bunda tidak mengetahui apakah minuman-minuman sejenis aman untuk dikonsumsi ibu hamil seperti Bunda.

Ada daftar panjang yang berisi makanan atau minuman mana yang boleh dan tidak boleh ibu hamil konsumsi sepanjang kehamilan. Sebelum terlambat, lebih baik Bunda pelajari apakah Bunda bisa meminum larutan penyegar atau tidak.


Apakah meminum larutan penyegar aman untuk ibu hamil?

Larutan penyegar memang betul-betul membuat Bunda menjadi segar kembali, terlebih saat Bunda sedang mengalami haus atau dehidrasi. Nyatanya, menurut Healthline, larutan penyegar sangat aman untuk Bunda minum. Namun yang perlu Bunda ketahui, larutan penyegar aman selama Bunda tidak meminumnya secara berlebihan.

Selain itu, Bunda juga harus dapat memastikan bahwa larutan penyegar yang Bunda minum legal dan telah mendapatkan izin. Sebab, kini banyak larutan penyegar yang tidak berizin beredar.

Berbeda cerita jika Bunda meminum larutan penyegar karena sedang mengalami kondisi tertentu, seperti sedang mengalami panas dalam atau radang tenggorokan.

Apabila kondisinya seperti demikian, sebaiknya Bunda tidak meminum larutan penyegar, Bunda. Sebab, meminum terus-menerus larutan penyegar akan membuat Bunda jadi ketergantungan. Sehingga di lain kesempatan apabila Bunda kembali merasakan panas dalam atau radang tenggorokan, Bunda akan ingin meminum kembali larutan penyegar tersebut 

Dengan kondisi kehamilan yang sedang Bunda jalani, akan lebih bijak apabila Bunda dapat memeriksakan diri ke dokter apabila merasakan panas dalam atau radang tenggorokan. Sebab, larutan penyegar bukanlah obat utama untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Ilustrasi ibu hamil minum air esIlustrasi bolehkah ibu hamil minum larutan penyegar/ Foto: Getty Images/STEEX

Minuman yang disarankan untuk ibu hamil

Sebagai panduan, inilah beberapa minuman yang sangat disarankan untuk diminum oleh ibu hamil, seperti Bunda saat ini. Inilah minuman yang disarankan untuk ibu hamil, seperti dilansir dari Surely.

1. Air putih

Ini adalah minuman yang wajib Bunda minum selama hamil. Setidaknya delapan gelas per hari. Tidak hanya berguna untuk menjaga agar Bunda tetap terhidrasi dengan baik, tapi untuk bayi yang sedang Bunda kandung juga.

Air akan membantu Bunda menyerap banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh Bunda dan Si Kecil. Air putih juga akan membuat Bunda merasa jauh lebih baik dan menghindarkan Bunda dari kram, kelelahan, bahkan infeksi saluran kemih.

2. Susu

Tentunya Bunda mengetahui jika susu akan sangat bermanfaat selama masa kehamilan. Terlebih, saat menjelang kehamilan pada saat tulang bayi mulai terbentuk. Susu yang penuh dengan kalsium dan protein akan sangat membantu proses tersebut.

Namun, pastikan susu yang Bunda minum adalah susu yang dipasteurisasi. Sebab, proses tersebut akan membunuh bakteri E. Coli yang sangat berbahaya untuk Bunda dan Si Kecil.

3. Teh herbal

Berbagai teh memang akan sangat cocok Bunda minum pada masa kehamilan. Teh herbal memang bukan teh sejati. Teh asli seperti teh hijau, teh hitam, atau teh oolong mengandung kafein yang tidak aman untuk ibu hamil seperti Bunda. Kecuali, hanya dalam jumlah sedang. Untuk itu, Bunda disarankan untuk meminum teh herbal saja.

4. Air perasa

Pernah mendengar infused water? Nah, mungkin Bunda bisa mencobanya jika Bunda merasa bosan dengan air putih biasa yang tidak memiliki rasa apapun.

Bunda bisa menambahkan mint, beri, semangka, timun, atau bahkan jeruk. Infused water bukan hanya akan memberikan rasa, tapi juga akan menyegarkan Bunda. Segelas air yang akan segera menjadi favorit Bunda.

Itulah berbagai rekomendasi untuk ibu hamil seperti Bunda, terkait larutan penyegar dan minuman lainnya yang bisa Bunda minum selama masa kehamilan. Jangan lupa, setiap apa yang Bunda minum akan berpengaruh bukan hanya kepada tubuh Bunda, tapi juga kepada Si Kecil. Semoga bermanfaat, ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!