Sign Up search


kehamilan

Ini Sebabnya Takut dan Panik Bisa Hambat Persalinan

Nurvita Indarini Minggu, 06 May 2018 19:35 WIB
Ini Sebabnya Takut dan Panik Bisa Hambat Persalinan caption
Jakarta - Meski sesaat lagi bakal bertemu dengan si kecil yang dirindukan, nggak jarang ibu hamil takut dan panik menghadapi momen melahirkan. Padahal takut dan panik bisa menghambat persalinan nih.

Dijelaskan Bidan Ria, praktisi hypnobirth dan fasilitator prenatal gentle yoga, takut yang dialami ibu hamil bisa mengaktifkan 'alarm' tubuh untuk fight (melawan) atau flight (kabur). Nah, dalam kondisi ini hormon adrenalin dan hormon lain akan melonjak sehingga tubuh nggak rileks.

Bidan Ria bilang aliran darah menjadi lebih rendah, oksigen lebih sedikit, alhasil rasa sakit lebih kuat terasa. Nah, kalau sudah nggak kuat sama sakitnya jadi sulit diupayakan persalinan secara alami.


Sebenarnya apa sih yang paling banyak ibu hamil takut? "Takut digunting, tidak bisa mengejan dengan baik, takut tidak bisa mengendalikan diri, dan takut mengalami persalinan yang lama," terang Bidan Ria dalam Birth Plan Class for Couple yang berlangsung di Teras Rimbun, Cibubur, Minggu (6/5/2018).



Nah, saat takut dan panik melanda menjelang proses melahirkan, perlu afirmasi nih, Bun. Afirmasi merupakan penyataan atau kalimat yang ditujukan untuk diri sendiri yang bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar untuk membantu mengembangkan persepsi pada diri sendiri.

Untuk meredakan takut dan panik, salah satu langkah yang bisa dicoba adalah dengan hypnobirthing. Dalam ksempatan yang sama Bidan Pipit yang merupakan konselor laktasi dan fasilitator prenatal gentle yoga menambahkan hypnobirthing merupakan formula dasar yang alami dari paint management. Dengan teknik ini, ibu hamil akan merasa nyaman, rileks, dan aman menjelang proses melahirkan.

"Hypnobirthing mengajarkan level yang lebih dalam dari relaksasi untuk mengeliminasi stres serta ketakutan dan kekhawatiran menjelang kelahiran yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri dan lelah saat bersalin," terang Bidan Pipit.



Selain itu, hypnobirthing bisa membuat ibu mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi uterus. Manfaat lainnya, ibu tetap pada kondisi terjaga dan sadar saat bersalin.

Bagaimana cara kerja metode ini? "Proses hypnobirthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu pikiran, serta mengendalikan napasnya. Ibu hamil dapat melakukan ini sendiri (self hypnosis) atau dengan pimpinan pendamping persalinan/ bidan," jelas Bidan Pipit. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi