sign up SIGN UP search


kehamilan

2 Hal yang Perlu Bunda Persiapkan Saat Program Hamil

Nabilla Putri Selasa, 02 Oct 2018 09:23 WIB
Persiapan kehamilan harus memperhatikan dua hal penting Bun, salah satunya adalah nutrisi penunjang tubuh sehat Bunda. caption
Jakarta - Masa persiapan kehamilan tidak kalah penting dari masa kehamilan lho, Bun. Sebab, persiapan kehamilan yang baik sangat berpengaruh pada kehamilan dan proses melahirkan yang sehat. Persiapan yang tepat juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Hal pertama yang harus dilakukan Bunda adalah konsultasi ke dokter kandungan. Hal ini dilakukan agar Bunda mendapatkan anjuran yang benar sesuai kondisi kesehatan.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, menganjurkan agar wanita yang siap hamil melakukan pemeriksaan gangguan ovulasi, Pcos (sistem ovarium polikistik), gangguan bentuk rahim, penyakit pengentalan darah, dan infeksi TORCH.



Hal kedua yang tak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang tepat secara kualitas dan kuantitas, Bun. Di antaranya yang terpenting adalah asupan asam folat. Faktanya, asam folat yang terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli dan asparagus dapat memengaruhi tingkat kesuburan Bunda.

"Nutrisi sebelum kehamilan diperlukan untuk mencegah kekurangan asam folat, zat besi, antioksidan, dan vitamin D. Diperlukan juga asupan kalsium, zink dan asam folat untuk mempersiapkan organ reproduksi. Makronutrisi seperti karbohidrat, protein, dan asupan rendah lemak juga diperlukan untuk menjaga berat badan yang ideal," ujar dr. Muliaman kepada HaiBunda, Jumat (28/9/2018).

Maka dari itu Bun, lengkapi kebutuhan nutrisi dengan konsumsi susu persiapan kehamilan seperti PRENAGEN esensis. Susu rendah lemak yang mengandung asam folat, zinc, dan nutrisi lengkap lain untuk menjaga sistem reproduksi serta daya tahan tubuh agar siap bagi tumbuh kembang janin.

(idr/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi