kehamilan

Berapa Jarak Ideal Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

SIti Hafadzoh Minggu, 14 Oct 2018 11:30 WIB
Berapa Jarak Ideal Hamil Lagi Setelah Melahirkan?
Jakarta -

Setelah si kecil lahir, Bunda khawatir nggak sih akan kemungkinan hamil lagi setelah melahirkan? Mengingat Bunda dan Ayah masih harus fokus mengurus si kakak masa sudah akan lahir si adik bayi, he-he-he...


Sebenarnya, Bunda bisa saja hamil setelah 6 minggu pasca melahirkan. Tapi, kehamilan itu bisa terjadi kalau rahim sudah berovulasi ya, Bun. Apa sih ovulasi itu? Ovulasi terjadi ketika ovarium menghasilkan sel telur. Nah, sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma itulah yang akan gugur dan terjadilah menstruasi.

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil Foto: iStock


Dilansir Medical News Today, menstruasi yang teratur adalah tanda bahwa rahim wanita sudah berovulasi. Kecepatan rahim berovulasi beda-beda nih pada setiap wanita. Ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lama.

Jadi, ada ibu yang bisa hamil lebih cepat dan ada yang tidak setelah melahirkan. Penelitian terdahulu menemukan bahwa wanita kembali mengalami ovulasi sekitar 45 sampai 94 hari setelah melahirkan.


Tapi, ada juga Bunda yang belum mengalami ovulasi 6 minggu setelah melahirkan. Siklus ovulasi pertama Bunda mungkin terjadi sebelum menstruasi pertama. Berarti, hal ini menimbulkan kemungkinan hamil lagi sebelum terjadi menstruasi.

Ilustrasi hamil lagi setelah melahirkanIlustrasi hamil lagi setelah melahirkan/ Foto: Thinkstock

Lalu, kapan sih jarak ideal hamil lagi setelah melahirkan? Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Bunda dan Ayah perlu menunggu 24 bulan atau 2 tahun untuk menambah momongan setelah si kecil lahir. Tapi, bagi Bunda yang mengalami keguguran, pendarahan atau operasi, bicarakan dengan dokter dan bidan dulu ya untuk merencanakan kehamilan selanjutnya.


Menurut dr Boyke Dian Nugraha, SPOG, MARS, jarak paling ideal hamil lagi setelah melahirkan adalah dua sampai tiga tahun. Alasannya berkaitan dengan ASI yang diberi pada bayi baru lahir juga mengenai kesiapan tubuh ibu.


"Paling bagus itu dalam jangka waktu dua sampai tiga tahun supaya anak juga dapat ASI selama dua tahun dan supaya ibu juga sempat memperbaiki bentuk tubuhnya baru boleh hamil lagi," ujar dr Boyke kepada detikcom.

Nah, setelah tahu kapan kira-kira rahim mulai berovulasi, Bunda bisa mengatur rencana kehamilan setelah melahirkan. Jika ragu, jangan segan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi