sign up SIGN UP search


kehamilan

Bacaan Doa Jelang Melahirkan agar Prosesnya Mudah dan Lancar

Kinan   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 14:00 WIB
Side view of a future mom and dad holding hands with their heads together. Beautiful beaming couple looking and gazing at the pregnant woman's belly caption
Jakarta -

Bagi sebagian wanita, persalinan bisa menjadi salah satu momen besar yang terasa sulit. Menjaga hati dan pikiran tetap tenang pun menjadi penting, salah satunya dengan membaca doa.

Dilansir Healthline, baik secara normal maupun operasi caesar, proses persalinan sama-sama melelahkan secara fisik dan emosional. Maka dari itu, Bunda perlu tahu seperti apa saja bacaan doa yang dapat diucapkan jelang persalinan agar prosesnya lebih lancar.

Dengan mendekatkan diri pada Allah SWT, proses ini diharapkan bisa dipermudah. Apa saja pilihan bacaan doa yang dapat diucapkan, baik oleh Bunda maupun Ayah? Yuk simak ulasannya berikut ini dilansir berbagai sumber:


1. Ayat kursi dan surat Al A'raf ayat 54

Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar halaman 298 menjelaskan bahwa ketika detik-detik persalinan berlangsung, ada baiknya suami membaca ayat kursi sebanyak satu kali dan membaca surat Al A'raf ayat 54 sambil menunggu bayi lahir.

Ya, dalam buku "Indahnya Doa Rasulullah Bagiku" yang ditulis oleh Masriyah Amva, terdapat contoh rangkaian doa yang diajarkan Rasulullah SAW yang tertuang dalam sebuah hadis, yakni: 

  • Ayat Kursi
  • Al-A'raf ayat 54
  • Al-Falaq
  • An-Nas
banner janin aktif di sebelah kiriFoto: haibunda.com/novita rizki

2. Surat Al Falaq dan An Nas

Bunda dapat membaca surat Al Falaq dan An Nas masing-masing sebanyak satu kali. Perbanyak juga bacaan doa: La ilaha illaliahul 'adzimul halim. La ilaha illaLiahu Rabbul 'arsyil 'adzim. La ilaha illaLiahu Rabbus samawati wal ardli wa Robbul 'arsyil 'adzim.

Artinya:

“Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Bijaksana. Tiada tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang Agung”.

3. Surat Al Fatihah

Setelah salat dan mendampingi Bunda, Ayah dapat membaca surat Al Fatihah sebagai salah satu amalan baik supaya persalinan Bunda berjalan lancar. 

Terdiri dari 7 ayat, surat Al Fatihah dapat menenangkan hati dan memberi perlindungan bagi janin. Dalam surat ini terdapat bunyi ayat yang artinya:

“Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.” (Al-Fatihah: 5)

Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Tonton juga video jenis-jenis makanan kaya asam folat berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERBANYAK ISTIGHFAR DAN ZIKIR YA BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!