sign up SIGN UP search


kehamilan

Daftar Barang yang Perlu Suami Bawa Saat Temani Istri Melahirkan

SIti Hafadzoh Selasa, 16 Oct 2018 12:24 WIB
Bagi calon ayah yang sedang menanti kelahiran buah hati, jangan lupa bawa daftar barang ini ya saat menemani istri melahirkan. caption
Jakarta - Mempersiapkan barang yang akan dibawa saat nanti melahirkan pastinya penting banget. Nah, selain membawa keperluan ibu dan bayi, para calon ayah juga perlu lho mempersiapkan barang yang akan dibawa saat menemani istri melahirkan.

Dilansir Parents, agar para calon ayah nyaman menemani istri yang akan melahirkan, ada beberapa barang yang perlu dibawa nih, yaitu:

1. Baju ganti
Suami juga butuh mengganti pakaian. Nggak mungkin dong, Bun, kalau suami pakai baju yang sama ketika masuk rumah sakit dan keluar rumah sakit. Apalagi kalau proses persalinan kita cukup lama dan Bunda butuh dirawat inap selama beberapa hari.


2. Bahan bacaan
Kalau suami tidak boleh masuk ke ruang persalinan, ia bisa mengisi waktu dengan membaca. Para calon ayah bisa menyiapkan koran, majalah, atau buku kesukaan.

3. Perlengkapan mandi
Nggak harus bawa sabun dan sampo kok, Bun. Cukup bawakan sikat gigi dan pasta gigi, juga sabun cuci muka kalau memang suami sering pakai. Jadi, suami tetap segar ketika harus menunggu di rumah sakit hingga larut malam atau esok harinya.

4. Uang tunai
Nggak mungkin bisa beli apa-apa kalau nggak ada uang kan? Jadi, siapkan uang tunai yang cukup. Paling tidak untuk pembayaran awal rumah sakit dan membeli makan. Jangan sampai lupa bawa uang tunai, tentu repot kalau harus keliling rumah sakit mencari mesin ATM.

Ilustrasi bawang bawaan suami saat temani istri melahirkanIlustrasi bawang bawaan suami saat temani istri melahirkan/ Foto: Muhammad Ridho
5. Jam Tangan
Meskipun bisa melihat jam melalui handphone, jam tangan tetap diperlukan ya, Bun. Kalau lagi nggak sempat pegang HP, suami bisa menggunakan jam untuk menghitung lamanya kontraksi dan persalinan.

6. Handphone
Ini yang nggak boleh ketinggalan. Keluarga pasti sibuk nih telepon si ayah ketika tahu Bunda akan melahirkan. Jadi, handphone benar-benar harus selalu aktif. Jangan lupa bawa charger juga ya, Bun.



7. Bantal
Kalau Bunda harus menginap sebelum dan sesudah melahirkan, suami biasanya bakal ikut menginap. Dengan adanya bantal suami bisa lebih nyaman ketika beristirahat di rumah sakit.

Ilustrasi suami temani istri melahirkanIlustrasi suami temani istri melahirkan/ Foto: Thinkstock
Kalau Bunda berpikir masih ada beberapa barang lagi yang memang penting untuk dibawa menjelang melahirkan, boleh kok dimasukkan ke dalam daftar. Jangan sampai ada barang penting yang tertinggal. Akan memakan waktu dong kalau harus bolak-balik ke rumah cuma untuk mengambil barang yang tertinggal.

Suami menemani istri yang akan melahirkan memang penting, Bun. Kehadiran suami bisa membantu meringankan nyeri yang Bunda rasakan dengan menggenggam tangan Bunda nih. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pavel Goldstein, peneliti ilmu saraf di Colorado University, semakin suami berempati kepada istri, nyeri yang dirasakan oleh istri semakin berkurang. Hal ini karena sinkronisasi, sentuhan, empati, dan pereda rasa nyeri saling berhubungan.

"Menyentuh bisa jadi alat pemulih dengan mengekspresikan empati kita kepada orang yang kita cintai. Dengan kata lain sentuhan adalah alat kita mentransfer empati jadi ini tentang komunikasi dan cara yang paling memungkinkan untuk mengekspresikan sinkronisasi," jelas Goldstein dikutip dari Daily Mail.

Kalau suami biasanya barang apa yang nggak pernah absen dibawa saat menemani Bunda melahirkan?

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi