kehamilan

Cerita Tommy Kurniawan Ngumpet Saat Dampingi Istri Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 22 Jun 2019 14:09 WIB
Cerita Tommy Kurniawan Ngumpet Saat Dampingi Istri Melahirkan
Jakarta - Pada 19 Juni lalu, Tommy Kurniawan dan sang istri, Lisya Nurrahmi dikaruniai bayi laki-laki. Saat proses persalinan Lisya, ada hal tak terduga yang dilakukan Tommy.

Memang, Tommy berada di satu ruangan mendampingi sang istri. Namun, diceritakan Tommy kala itu posisinya di samping sang dokter, sedangkan sang kakak dan ibu mertuanya berada di sebelah Lisya.




Dokter mengatakan proses melahirkan Lisya cukup mudah lho, Bun. Saat datang, Lisya dikatakan sudah mengalami pembukaan awal. Setelah ditunggu dua jam, pembukaan jalan lahir sudah lengkap.

"Cuma pas (Lisya) lahiran saya ngumpet di pojok, dokter bilang 'Sini Tom'. Saya bilang 'Aduh, Dok, enakan di sini'. Pas lagi proses melahirkan, saya takut trauma," kata Tommy dilansir 20detik.

Karena posisinya yang di samping dokter, Tommy bisa melihat dengan jelas ketika putranya yang diberi nama Muhammad Abqary Aldeebaran Kurniawan itu lahir.

"Pas anaknya keluar, banyak darah. Sempat ngelihat, (saya) sedikit ketakutan sih," ujar Tommy yang menikahi Lisya pada Februari 2018 ini.

Arti nama lengkap si kecil, kata Tommy yakni pengikut nabi Muhammad yang dikaruniai kejeniusan. Ya, Tommy dan Lisya memang ingin si kecil Abqary kelak jadi hafiz Alquran, Bun. Bahkan, mereka sudah punya rencana memasukkan sang anak ke pesantren saat SMP.

Cerita Tommy Kurniawan Ngumpet Saat Dampingi Istri LahiranTommy Kurniawan dan Lisya Nurrahmi/ Foto: Tommy Kurniawan


Menyaksikan peristiwa istri melahirkan memang bisa menimbulkan trauma pada pria. Dikatakan Profesor Marian Knight dari Oxford University, melihat proses persalinan terlebih yang sulit bisa membuat pria trauma. Ya, secara enggak langsung mereka seperti melihat kejadian yang mengerikan.

"Bahkan pada kasus berat suami ada yang mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD) setelah melihat istri melahirkan. Jika begini, suami butuh konseling," kata Knight dilansir The Independent.



Studi yang dilakukan di Oxford University juga menemukan umumnya para suami hanya menunggu di lorong rumah sakit dan merasa stres luar biasa. Bahkan, jika tahu ada yang tak beres dengan proses persalinan istri, dia bisa khawatir dan trauma. Kebanyakan pria, kata Knight sulit mengutarakan kekhawatirannya karena mereka merasa bertanggung jawab atas anak dan istrinya.

Kalau suami, apa yang dia lakukan saat mendampingi Bunda melahirkan?

Bagi Bunda baru melahirkan seperti Lisya, jangan lupa simak cara tepat memandikan bayi di video berikut ya:

[Gambas:Video Haibunda]




(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi