sign up SIGN UP search

kehamilan

Ibu Hamil Makan Pasta Sehat Tidak?

Melly Febrida Kamis, 08 Nov 2018 14:31 WIB
Ibu hamil makan pasta sehat tidak? Ini kata ahlinya, Bun. caption
New Delhi - Siapa yang nggak kenal dengan pasta. Hidangan dari Italia ini pastinya banyak peminatnya. Tapi, ibu hamil boleh makan pasta nggak?

Seorang Ahli Nutrisi, Payal Kothari, menjelaskan di situs Indian Express. Payal bilang, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsinya. Tapi, makan pasta sewaktu hamil juga bisa berdampak pada ibu maupun bayinya, Bun.

"Ini adalah hidangan yang mudah dan murah untuk dimasak bagi para ibu yang sibuk. Tetapi terlalu berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan keduanya," kata Payal.




Kalau melihat nutrisinya, kata Payal, pasta mengandung Vitamin A, B, asam folat, dan makronutrien paling penting, serta karbohidrat. Tapi perlu diperhatikan juga Bun karena pasta mengandung lektin dan phytates. Kedua hal itu bisa mengeluarkan beberapa mikronutrien seperti seng dan magnesium dari calon ibu dan secara tidak langsung dari bayi di dalam rahim.

Untuk itu Bun, sebelum mengonsumsinya Payal mengimbau untuk memilih dari bahan pasta. Alih-alih memakan pasta dari tepung terigu biasa, cobalah mengonsumsi pasta yang seratnya tinggi.

"Pasta dari gandum, pasta quinoa, spelt pasta, pasta semolina, dan bahkan pasta kacang merah sekarang tersedia secara online dan di sebagian besar toko-toko kesehatan. Alternatif-alternatif ini tinggi serat, protein, dan mencegah obesitas selama trimester kehamilan," kata Payal.

Kalau Bunda makan pasta yang terbuat dari tepung biasa, menurut Payal bisa meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan berat badan. Namun, karbohidrat berserat tinggi menjaga kadar gula darah dalam aliran darah (Gestational Diabetes) dan juga menjaga perubahan suasana hati selama kehamilan.

Pasta beras cokelat juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk ibu yang sensitif terhadap gluten atau menderita IBS (irritable bowel syndrome). Ini juga bisa mengobati sindrom usus bocor, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bahkan untuk bayi.

Pasta yang kompleks mengandung seperti quinoa, spelt, zat besi, dan asam folat. Sehingga mencegah anemia dan kelemahan selama kehamilan.



Selain memilih pasta berdasarkan jenisnya, Payal bilang bunda bisa menambahkan sayuran hijau dan berbagai sayuran berwarna lainnya. Selain itu bisa juga dengan saus yang kaya herbal, dengan sedikit minyak zaitun dan keju di atasnya. Ini bisa membuat hidangan tersebut menjadi sangat sehat dan kenyang.

"Pilih saus pesto dibanding saus tomat. Pilih keju segar dibanding keju olahan. Masukkan pasta dengan beberapa kacang pinus atau almond. Seorang calon ibu selalu menginginkan makanan yang lezat, jadi pasta adalah makanan yang boleh dimakan sekali-sekali. Berlebihan itu bisa menambah kalori dan mengganggu pencernaan," kata Payal. (nwy/nwy)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!