sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Rekomendasi Buah untuk Ibu Hamil, Baik untuk Perkembangan Janin

Haikal Luthfi Jumat, 08 Jan 2021 17:17 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta -

Pola makan yang sehat harus sangat diperhatikan oleh ibu hamil. Asupan makanan haruslah seimbang. Untuk memenuhi nutrisi harian, terdapat beberapa makanan yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil, salah satunya adalah buah.

Buah-buah sangat bagus untuk kehamilan karena merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang baik. Komponen dalam buah juga dapat membantu perkembangan si kecil lho Bunda.

Mengutip Medical News Today, makan buah segar selama kehamilan dapat membantu memastikan ibu dan bayinya tetap sehat. Buah segar mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting dan juga merupakan sumber serat yang baik.


Meski begitu, tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, karena beberapa kandungan yang ada di dalamnya. Misalnya pepaya muda yang mengandung papain (getah) yang berpotensi menyebabkan keguguran.

Menurut Dr. Sadhna Singhal, Senior Consultant Gynecologist Sri Balaji Action Medical Institute, buah-buahan memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil tetapi ada baiknya menghindari beberapa buah selama kehamilan.

"Buah-buahan meimiliki kandungan yang sehat dan bergizi, namun ada beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan karena dapat berdampak negatif pada kandungan," kata Singhal seperti yang dilansir dari laman Food NDTV.

Buah untuk ibu hamil

Ketika hamil, Bunda mungkin menginginkan sesuatu yang manis. Buah-buahan menawarkan rasa manis yang diinginkan dan nutrisi yang dibutuhkan. Mengutip Healthline, beberapa buah ini direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil seperti:

1. Jeruk

Jeruk terkenal akan vitamin C dan air. Selain itu, jeruk juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel serta menjaga ibu hamil tetap terhidrasi dan sehat.

Fantastis! Satu Buah Jeruk Mandarin Mikan Dijual Rp 14,2 Juta di JepangJeruk/ Foto: iStock

Selain itu, jeruk merupakan sumber folat, atau asam folat. Folat merupakan vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang janin.

The American College of Obstetri dan Ginekologi (ACOG) merekomendasikan mengambil 400 mikrogram (mcg) asam folat per hari sebelum Bunda mulai mencoba untuk bayi, maka setidaknya 600 mcg per hari saat hamil.

2. Mangga

Mangga mengandung beberapa vitamin salah satunya vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

Meskipun tak terlalu banyak vitamin A, beberapa studi mengungkapkan bahwa mangga adalah tambahan yang bagus untuk diet kehamilan.

3. Alpukat

Alpukat memiliki lebih banyak folat dibanding buah lainnya. Buah ini juga merupakan sumber yang dari vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, serta kalium, Bunda. Alpukat dipercaya dapat membantu meredakan mual, karena kandungan kalium dan magnesium dalam buah ini.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, gejala kehamilan yang umum. Kram kaki sering kali disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium. Sementara kandungan kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

4. Lemon

Sebuah studi tahun 2014 yang berjudul The Effect of Lemon Inhalation Aromatherapy on Nausea and Vomiting of Pregnancy: A Double-Blinded, Randomized, Controlled Clinical Trial melaporkan keberhasilan dalam menggunakan lemon atau aroma lemon untuk membantu meredakan mual pada beberapa ibu hamil.

Selain itu, lemon kaya akan vitamin C yang membantu menstimulasi sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

5. Pisang

Pisang merupakan sumber kalium, vitamin B6, dan serat. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah. Sedangkan kandungan serat bermanfaat untuk meredakan sembelit yang kerap terjadi selama kehamilan.

6. Berries

Buah beri seperti blueberry, raspberry, strawberry, blackberry, dan goji berry kaya akan segala nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C, serat, folat. Buah berry juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin.

Vitamin C di dalamnya berguna untuk membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan karbohidrat memberi energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil,

7. Apel

Apel kaya serat dan sumber yang bagus vitamin C. Buah ini juga mengandung vitamin A, kalium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus. Selain itu, studi menemukan bahwa makan apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena asma dan alergi.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari nutrisi apel, pastikan untuk membilasnya dengan air terlebih dahulu ya Bunda.

Semoga 7 macam buah di atas bagus untuk perkembangan janin dan kehamilan Bunda.

Simak juga Bunda, cara benar mencuci buah dan sayur pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19Artis penyintas COVID-19/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!