sign up SIGN UP search


kehamilan

Amankah Makan Jeruk Saat Hamil? Ini Jawabannya, Bunda

Kinan Jumat, 25 Jun 2021 18:57 WIB
Side view of unrecognizable pregnant woman cutting oranges for healthy breakfast in morning, copy space caption

Jeruk merupakan buah kaya nutrisi yang baik dikonsumsi secara rutin, termasuk oleh bunda hamil. Namun agar manfaat jeruk maksimal, bagaimana ya aturan aman makan buah tersebut saat hamil?

Salah satu aturan pentingnya adalah mengonsumsi buah jeruk segar langsung, bukan jus jeruk kemasan yang dijual di pasaran. Jus jeruk jenis ini umumnya mengandung pengawet dan pemanis buatan.

Manfaat makan jeruk saat hamil

Dilansir Parenting First Cry, jeruk kaya akan vitamin C, zat besi, zinc, dan asam folat. Makan jeruk saat hamil dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan juga memberikan manfaat untuk kesehatan kulit.


Selain itu, makan jeruk saat hamil trimester pertama  juga baik untuk perkembangan otak janin.

Berikut ulasan lengkap tentang ragam manfaat makan jeruk untuk ibu hamil:

1. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, jeruk mengandung vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini termasuk untuk bunda hamil.

Jeruk juga membantu pelepasan zat besi dan zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Makan jeruk saat hamil diketahui dapat membantu menurunkan risiko alergi, sekaligus mendukung perkembangan tulang rawan, jaringan, pembuluh darah, dan tulang pada janin.

2. Dapat membantu perkembangan otak janin

Jeruk merupakan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat. Makan jeruk saat hamil berpotensi membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat tabung saraf.

Ini merupakan penyebab kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

Kandungan folat dalam jeruk dapat membantu dalam pembentukan sel darah, pertumbuhan jaringan baru dan perkembangan plasenta yang sehat.

3. Mencegah sembelit

Jeruk kaya akan serat larut dan tidak larut, serta selulosa yang dapat membantu kelancaran buang air besar. Jika Bunda memiliki masalah sembelit saat hamil, konsumsi jeruk dapat membantu meredakan kondisinya.

Manfaat ini bisa didapat karena kandungan serat di dalam jeruk. Serat diketahui dapat meredakan berbagai masalah pada sistem pencernaan.

4. Mengontrol tingkat tekanan darah

Kandungan potasium yang tinggi dalam jeruk dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah pada bunda hamil, terutama yang memiliki riwayat hipertensi.

5. Menjaga kadar hidrasi tubuh

Selain berkontribusi pada asupan cairan harian, jeruk memberikan natrium dan kalium untuk menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh.

Dengan kandungan air hingga 88 persen, jeruk dapat membantu menjaga keseimbangan air dan hidrasi dalam tubuh Bunda.

6. Menjaga kesehatan kulit

Perubahan hormonal saat hamil kerap memicu masalah kesehatan kulit, di antara jadi tampak lebih kusam dan kering. Nah, rutin makan jeruk saat hamil bisa jadi cara perawatan kulit yang efektif.

Jeruk memiliki sifat antioksidan, sehingga rutin mengonsumsinya dapat memberi efek menenangkan pada kulit. Kulit pun jadi tampak tetap kencang dan lembap secara alami.

Berapa batas aman porsi makan jeruk saat hamil?

Dosis harian vitamin C untuk bunda hamil yakni 85 mg. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi tiga buah jeruk setiap hari atau makanan lain yang juga kaya vitamin C.

Namun, jika Bunda makan jeruk bersama dengan makanan lain, pastikan juga untuk mempertimbangkan jumlah vitamin C yang ada dalam makanan tersebut.

Perlu diingat bahwa asupan harian vitamin C sebaiknya tidak melebihi jumlah yang disarankan, karena berisiko dapat menyebabkan keasaman.

Jika Bunda mengonsumsi makanan kaya vitamin C lainnya, pastikan untuk mengonsumsi jeruk dalam jumlah lebih sedikit.

Adakah efek samping makan jeruk saat hamil?

Meski jeruk memberikan banyak manfaat dan nutrisi, namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

Ini terutama karena kandungan asam sitratnya yang tinggi, sehingga berisiko dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan mengikis lapisan email gigi.

Kandungan serat jika dikonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan kram perut. Sifat asam pada jeruk pun berisiko memicu penyakit refluks gastroesofageal (GERD) pada bunda hamil.

Yang tak kalah penting, konsumsi vitamin C berlebihan saat hamil juga dapat berisiko menyebabkan persalinan prematur.

Demikian ulasan tentang aturan aman makan jeruk saat hamil. Ingatlah untuk memilih jeruk dengan kualitas baik, agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Selalu jaga kesehatan ya, Bunda

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi