kehamilan

Penyebab Kaki Bengkak yang Dialami Momo 'Geisha'

Asri Ediyati Selasa, 18 Dec 2018 14:05 WIB
Penyebab Kaki Bengkak yang Dialami Momo 'Geisha'
Jakarta - Momo 'Geisha' tengah mengandung anak pertamanya. Kini, usia kehamilan sudah berjalan sekitar enam bulan. Berada di penghujung trimester kedua, ada beberapa perubahan dialami Momo. Salah satunya mengalami kaki bengkak, Bun.

"Kaki bengkak, sepatu-sepatu nggak ada yang muat lagi," ujar Momo dikutip dari detikcom.

Selain kaki, ternyata Momo juga mengalami perubahan lainnya. Diungkap artis 32 tahun itu, jika tarikan suaranya tak lagi maksimal seperti sebelum hamil. Ya, Momo memang tak mengurangi aktivitas menyanyi meski tengah hamil besar.


Hal itu dilakukan Momo, sebagai bentuk syukur setelah lama menantikan kehamilannya. Sudah banyak yang Momo dan suami lakukan demi mendapat momongan.

"Ada beberapa kali ke dokter di Indonesia, bahkan di luar negeri sempat nanya penasaran kan wajar ya. Kenapa yang baru nikah sudah hamil terus saya yang sudah setahun lebih belum. Karena mikirin usia juga. Di situ setelah cek kondisi, dicek ke dalam-dalam semua normal," ujar Momo.

Saat konsultasi ke dokter kandungan, Momo pernah disarankan untuk menjalani proses bayi tabung. Diceritakan Momo, hal itu boleh dilakukan jika mereka tidak sabar untuk memiliki anak. Namun, Momo mengusahakan untuk melakukan konsepsi normal. Lewat doa dan berpasrah diri, akhirnya penantiannya berbuah manis nih, Bun.

Selanjutnya, Momo berharap bisa melakukan persalinan secara normal. Semoga selalu sehat ya Momo 'Geisha' dan janinnya sampai persalinan nanti!
Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Seperti Dialami Momo 'Geisha'Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Seperti Dialami Momo 'Geisha'/ Foto: iStock

Bicara soal kaki bengkak, hal tersebut merupakan hal yang umum dialami ibu hamil. Apa ya penyebab ilmiahnya? Menurut penjelasan ahli, ibu hamil mengalami kenaikan jumlah atau volume darah. Masuk usia kehamilan 28 minggu, volume darah naik jadi 6 liter dan di usia kehamilan 32-34 minggu, volume darah jadi 7 liter.

Dalam kondisi normal, volume darah Bunda hanya berkisar 5 liter, demikian disampaikan dr Yuslam Edi Fidianto, SpOG dari RS Mayapada Lebak Bulus.

Saat hamil, para Bunda mengalami kenaikan adalah plasma darah. Jumlah yang semakin banyak dengan tekanan yang makin tinggi, membuat plasma darah merembes melalui pori-pori. Lalu, pembuluh darah dan mengisi jaringan sekitarnya. Akhirnya, kaki pun bengkak.

"Selama tekanan darah tidak naik dan bengkaknya nggak sampai ke muka, itu adalah sesuatu yang dianggap wajar. Tapi, dikatakan nggak normal kalau tensinya tinggi dan bengkaknya sampai ke muka. Memang nggak semua ibu hamil akan mengalami keluhan kaki bengkak. Ini tergantung elastisitas pembuluh darah kapilernya. Kalau elastisitasnya bagus, paling cuma bengkak sedikit," papar dr Yuslam.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi