kehamilan

5 Obat Alami Redakan Mual & Muntah di Awal Kehamilan

Zika Zakiya Kamis, 27 Dec 2018 11:05 WIB
5 Obat Alami Redakan Mual & Muntah di Awal Kehamilan
Jakarta -

Selamat atas kehamilan Bunda! Tapi biasanya di trimester awal, Bunda hamil umumnya mengalami mual dan muntah yang sangat mengganggu.


Saat mual dan muntah mendera, rasanya Bunda jadi kehilangan selera makan. Namun demikian, disarankan untuk tetap memaksakan diri untuk makan karena bagaimana pun lambung Bunda tidak boleh kosong. Apalagi, saat ini Bunda makan untuk berdua, Bunda dan si kecil.

Untuk meredakan mual dan muntah, coba terapkan lima obat alami seperti dilansir Mom Junction berikut:

1. Air putih
Air putih adalah kandungan penting agar pencernaan Bunda lancar dan tubuh tetap terhidrasi.


2. Jahe
Jahe adalah obat mual efektif karena akan mengurangi tingkat keasaman di perut. Aromanya yang segar juga akan sangat membantu mengurangi mual dan muntah.

Jika aroma jahe tidak ampuh, maka Bunda bisa menjadikannya bagian dari teh, mengunyah sedikit jahe, atau cukup merebus jahe dengan air, lalu Bunda minum selagi panas. Atau bisa juga Bunda jadikan kue jahe.

Ilustrasi pereda mual dan muntah saat hamilIlustrasi pereda mual dan muntah saat hamil Foto: iStock

3. Peppermint
Minyak dan aroma peppermint mengandung methanol yang memproduksi anestetik untuk mencegah mual dan muntah selama kehamilan. Bunda bisa menggunakan peppermint dengan mengasup teh peppermint, atau sekadar mengunyah daunnya. Bisa juga dengan meneteskan minyak peppermint ke atas sapu tangan dan hirup dalam-dalam ketika mual datang.

4. Lemon
Hirup dalam-dalam aroma lemon segar saat Bunda merasa mual. Bisa juga Bunda masukkan sepotong lemon dalam teh atau ke dalam air putih. Teh lemon akan sangat terasa membantu selepas Bunda muntah.

Ilustrasi pereda mual dan muntahIlustrasi pereda mual dan muntah Foto: iStock

5. Minyak kamomil
Cobalah minta dipijat dengan menggunakan minyak kamomil. Aromanya yang menyegarkan, ditambah dengan tubuh Bunda yang dipijat akan terasa sangat meringankan mual dan muntah.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi