sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Tips Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil

Asri Ediyati Selasa, 01 Jan 2019 14:07 WIB
Untuk membuat rambut tetap sehat selama hamil, ada 10 tips mudah yang bisa dicoba di rumah nih, Bun. caption
Jakarta - Saat hamil, mungkin rambut Bunda akan lebih lebat, berkilau dan jarang rontok. Hal tersebut bisa terjadi karena selama hamil wanita mengalami peningkatan kadar estrogen, yang dapat memperpanjang tahap pertumbuhan rambut. Alhasil, sedikit rambut yang berada dalam tahap istirahat. Demikian dikutip dari BabyCenter.

Nah, meski sudah berkilau, bagaimana pun ibu hamil perlu perawatan rambut layaknya saat tidak sedang hamil. Berikut dilansir Parenting FirstCry, sepuluh tips perawatan rambut yang dianjurkan untuk ibu hamil.

1. Kenali jenis rambut dan kulit kepala


Sebelum memutuskan untuk menggunakan sampo, kondisioner atau minyak pijat, penting untuk mengetahui jenis rambut dan kondisi kulit kepala, Bunda.

2. Pijat rambut dengan minyak

Salah satu perawatan yang baik dilakukan selama kehamilan adalah memijat rambut dengan minyak. Lakukan dua hingga tiga kali seminggu, pijat lembut dengan minyak hangat ke kulit kepala. Bunda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun.
10 Tips Perawatan Rambut untuk Ibu HamilIlustrasi minyak kelapa/ Foto: Istock
3. Pilih sampo dan kondisioner yang baik

Memilih sampo dan kondisioner yang baik adalah hal yang wajib dilakukan ibu hamil. Sampo yang baik dengan bahan yang tepat juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengontrol kondisi seperti ketombe yang menyebabkan rambut rontok. Selain itu, jangan lupa pilih sampo dan kondisioner yang aman untuk ibu hamil.


4. Hindari perawatan rambut dengan bahan kimia

Selama kehamilan, lebih aman untuk menghindari perawatan rambut dengan bahan kimia, seperti obat pelurus rambut atau pewarna. Bahan kimia dan warna bisa diserap oleh kulit kepala dan diteruskan ke janin yang sedang berkembang.

Zat-zat kimia tersebut juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Jadi, hindari perawatan seperti bleaching, pewarnaan rambut dan lainnya.

5. Potong ujung rambut secara teratur

Memotong ujung rambut secara teratur akan membantu mencegah ujung rambut bercabang dan kasar. Bunda juga bisa memotong dan mengubah model rambut yang bisa membuat nyaman.
Ilustrasi wanita potong rambut/ Ilustrasi wanita potong rambut/ Foto: dok. iStock
6. Jangan menyisir saat rambut basah

Rambut paling lemah saat basah. Jika menyisir rambut basah akan berisiko memutuskan helai rambut saat tersangkut di sisir.

7. Hindari ikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat stres rambut. Alhasil bisa memperburuk kerontokan rambut.
ilustrasi rambut dikepang/ ilustrasi rambut dikepang/ Foto: thinkstock
8. Makan sehat

Kunci untuk memiliki rambut tebal dan berkilau adalah pola makan yang sehat dan seimbang. Sertakan buah-buahan dan sayuran segar bersama biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan yang kaya protein dalam menu makan Bunda. Jangan lupa untuk minum air yang cukup dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

9. Hindari stres

Stres adalah penyebab utama kerontokan rambut selama kehamilan dan setelah melahirkan. Stres memicu rambut rontok dan juga menyebabkan sel darah putih tubuh menyerang folikel rambutnya sendiri.

Untuk menghindari stres, lakukan hal-hal yang membuat happy atau tenang. Bunda juga bisa mencoba latihan pernapasan dan yoga.

10. Biji fenugreek

Rendam satu sendok makan biji fenugreek semalaman dalam secangkir air. Pagi berikutnya, tumbuk biji menjadi pasta yang halus dan oleskan pada rambut.

Biarkan selama satu jam dan kemudian cuci bersih. Biji fenugreek sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Juga berkhasiat untuk memperkuat rambut dan memberikan kilau yang indah.
ilustrasi biji fenugreek/ ilustrasi biji fenugreek/ Foto: Istimewa
(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi