sign up SIGN UP search


kehamilan

Fenomena Cuaca Panas Bisa Berdampak Serius Pada Bumil, Waspadai Dehidrasi

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 13:50 WIB
Portrait of a beautiful pregnant young woman wearing disposable medical face mask in the spring park during coronavirus outbreak. Safety in a public place while epidemic of covid-19. Ilustrasi wanita hamil/Foto: Getty Images/iStockphoto/SbytovaMN
Jakarta -

Cuaca panas tengah berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia. Apakah Bunda juga terdampak? Hal ini tentunya membuat situasi menjadi tak nyaman ya. Fenomena panas ini ternyata bisa memberi dampak negatif pada ibu hamil dan perlu untuk diwaspadai.

Ya, suhu panas ini bisa membuat siapapun mengalami dehidrasi, Bunda. Menanggapi hal tersebut, Dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG, menyarankan agar wanita hamil memperhatikan kebutuhan cairan harian.

"Pada intinya kenaikan suhu itu kan akan membuat panas dan rentan akan dehidrasi," tuturnya melalui pesan pendek pada HaiBunda belum lama ini.


"Untuk itu, ibu hamil harus selalu mencukupi kebutuhan air setiap hari.

Dalam kesempatan yang sama, Dinda kemudian mengingatkan soal kebutuhan cairan ibu hamil. Katanya, ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan cairan sekitar 2,5-3 liter per hari.

"Secara normal, ibu hamil diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan cairan sekitar dua setengah liter sampai tiga liter per harinya."

Meski begitu, ketentuan tersebut juga bisa berubah tergantung situasi dan kondisi yang berlangsung. Jika wanita hamil lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, maka kebutuhan cairan bisa lebih banyak lagi

"Nah coba dilihat saja, dengan suhu yang panas, sudah pasti setidaknya kita nambah cairannya sebagaiman dengan aktivitasnya, gitu."

"Kalau misalnya si ibu hamil ini aktivitas banyak di luar ruangan, sudah pasti kebutuhan cairannya harus bertambah, gitu. Tapi ya minimal 2 liter lah," sambungnya.

Selain soal memenuhi kebutuhan cairan, Dinda juga berpesan pada wanita hamil untuk menjaga kondisi tubuh dengan upaya lain. Misalnya dengan lebih banyak melakukan aktivitas dalam ruangan.

"Hindari aktivitas di luar ruangan supaya enggak enggak mudah lelah," sarannya.

Selain cuaca yang tak bersahabat, ada beberapa faktor penyebab ibu hamil mengalami dehidrasi, Bunda. Apa saja? Simak selengkapnya di halaman berikut, ya.

Bunda, simak juga 7 penyebab sakit kepala hebat saat menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

FAKTOR UTAMA BUMIL ALAMI DEHIDARASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!