kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan Pedas?

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 06 Jan 2019 19:06 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan Pedas?
Jakarta - Ada ibu hamil yang juga ingin mencicipi makanan pedas. Tapi, kadang muncul kekhawatiran, boleh nggak sih ibu hamil makan makanan pedas? Bunda juga pernah merasakan kekhawatiran tentang ini saat sedang hamil?

Tenang, Bun. Disampaikan pakar obstetri dan ginekologi Mary Lake Poland, nggak masalah kalau ibu hamil mau konsumsi makanan pedas, termasuk bumbu dapur yang rasanya cenderung 'panas' atau pedas. Tapi tetap, jangan berlebihan ya.

Terus, hati-hati konsumsi makanan pedasnya juga jangan terlalu banyak karena bisa memicu rasa nggak nyaman di lambung. Dikhawatirkan akan ada masalah dalam pencernaan Bunda. Kata Mary, terlalu banyak konsumsi makanan pedas saat trimester ketiga kehamilan bisa memicu heartburn.


"Maka dari itu, sering sekali ibu hamil trimester dua atau tiga diminta mengurangi konsumsi makanan pedas. Boleh mengonsumsinya, tapi tak berlebihan. Makin besar bayi, asam lambung bisa meningkat dan menekan esophagus," ujar Mary, seperti dilansir Baby Center.



Sementara itu, dikutip dari Firstcry Pregnancy, umumnya konsumsi makanan pedas di trimester pertama aman. Hanya, jumlahnya jangan berlebihan dan tergantung kondisi masing-masing ibu. Tapi, seiring bertambahnya usia kehamilan, saat trimester dua dan tiga, ibu hamil nggak boleh terlalu banyak konsumsi makanan pedas.

Ilustrasi cabaiIlustrasi cabai/ Foto: kementan
Makin besarnya perut bisa bikin ibu hamil terasa nggak nyaman. Terlebih tekanan di lambung dan ukuran perut yang makin besar bisa meningkatkan refluks asam dan rasa begah. Efek terlalu banyak konsumsi makanan pedas sebenarnya dikhawatirkan bikin pencernaan nggak nyaman. Ditambah risiko diare, morning sickness yang makin parah dan gangguan pencernaan.

Makanya, ibu hamil disarankan mengganti bumbu masak dengan yang nggak terlalu pedas atau cuma memberi efek hangat. Mitos konsumsi makanan pedas bagi ibu hamil lainnya adalah makan terlalu banyak asupan pedas bisa memicu keguguran, memicu masalah kelainan pada janin, dan kelahiran prematur.

Intinya, Bunda boleh kok sesekali menikmati makanan pedas tapi jangan berlebihan. Kemudian, sesuaikan dengan kondisi lambung dan pencernaan Bunda ya.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi