kehamilan

7 Ikan yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil, Rendah Merkuri dan Rangsang Perkembangan Otak Bayi

Annisa A   |   HaiBunda

Selasa, 05 Sep 2023 12:35 WIB

Jakarta -

Ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan protein dan lemak baik. Bahan pangan ini sangat bagus dikonsumsi ketika Bunda sedang hamil.

Selain memberikan banyak manfaat untuk Bunda, ikan juga memiliki segudang nutrisi yang mampu merangsang perkembangan otak bayi.

Seperti Bunda ketahui, makanan laut termasuk ikan serta kerang, bisa menjadi sumber protein, zat besi, dan seng yang baik. Nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi sejak di dalam kandungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Akan tetapi, beberapa jenis ikan memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi di dalam tubuhnya. Merkuri adalah salah satu zat kimia logam berat yang bersifat racun.

Apabila dikonsumsi dalam jumlah tinggi, merkuri dapat membahayakan perkembangan sistem saraf janin di dalam kandungan, Bunda.

Menurut anjuran Food and Drug Administration (FDA), Environmental Protection Agency (EPA), Bunda yang sedang hamil setidaknya makan 340 gram berbagai makanan laut yang rendah merkuri dalam seminggu.

Agar tidak salah makan, berikut ini 7 jenis ikan rendah merkuri yang aman dikonsumsi ibu hamil:

1. Ikan patin

Selain mudah ditemukan di pasaran, ikan patin merupakan jenis makanan laut yang dianjurkan dikonsumsi selama masa kehamilan.

Ikan patin mengandung berbagai nutrisi penting untuk perkembangan otak bayi. Salah satunya adalah omega-3 yang mampu merangsang fungsi otak dan sumsum tulang belakang, serta protein untuk energi sang Bunda.

2. Ikan nila

Kadar lemak yang rendah dalam ikan nila membuatnya aman dikonsumsi ibu hamil karena tidak memicu kolesterol.

Ikan nila juga mengandung banyak fosfor, protein, niasin, selenium, vitamin B 12, serta kalium. Fosfor sendiri memiliki manfaat untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

3. Ikan sarden

Ikan sarden juga dianjurkan dikonsumsi ketika sedang hamil. Kadar merkuri sangat rendah serta proteinnya yang tinggi membuat ikan sarden aman untuk dikonsumsi.

Akan tetapi, ada baiknya Bunda mengonsumsi ikan sarden segar ketimbang yang sudah dikemas dalam bentuk kalengan.

4. Ikan salmon

Ikan salmon terkenal memiliki kandungan omega-3 dan DHA yang tinggi. Selain itu, ikan ini juga rendah merkuri.

Melansir dari Very Well Family, ikan salmon bagus dikonsumsi untuk ibu hamil apabila dimasak secara matang.

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video tentang 5 jenis ngidam bumil dan artinya:

(anm/som)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT