kehamilan

5 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Zika Zakiya Sabtu, 12 Jan 2019 16:07 WIB
5 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan
Jakarta -

Bunda sudah masuk pekan melahirkan? Wah, selamat ya! Terbayang deh rasa deg-degan, takut, senang, gugup, semua jadi satu.

Hal penting yang harus Bunda persiapkan saat akan melahirkan adalah kekuatan fisik dan mental untuk menahan rasa sakit. Dikatakan dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Hari Nugroho, SpOG, semua wanita memang akan merasakan nyeri pada saat melahirkan. Walaupun derajat nyeri tersebut dirasakan berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya.


"Nyeri pada seorang wanita yang melahirkan pasti terjadi, itu tidak bisa dipungkiri, tetapi perlu dipahami bahwa nyeri tersebut terjadi secara normal. Tidak perlu ditakuti," pesan dr Hari, seperti dilansir detikcom. Untuk meringankan rasa sakit saat melahirkan sendiri ada lima hal yang bisa Bunda lakukan. Kelimanya antara lain:

1. Tenang
Pengalaman Bubun saat melahirkan dulu nih ya Bun, adalah muncul rasa panik ketika mengalami sakit yang amat sangat. Tapi saat itu Bubun langsung menenangkan pikiran dan mulai fokus pada pernapasan.


"Satu hal penting yang harus Anda tenangkan saat proses melahirkan adalah pikiran," kata Stacey Rees, seorang juru rawat dari Clementine Midwifery, Brooklyn, New York, seperti dilansir Parents.

Logikanya sederhana saja Bun, ketika Bunda panik karena sakit, tubuh akan menegang dan membuat rasa sakitnya semakin menjadi. Maka itu mulai sekarang, cobalah menenangkan pikiran dengan ibadah atau pun yoga, manapun yang membuat Bunda tenang.

Ilustrasi melahirkanIlustrasi melahirkan Foto: Thinkstock


2. Napas Bun, Napas
Seperti tadi Bubun ceritakan di poin satu, penting untuk mengalihkan rasa sakit Bubun ke aliran napas. Tarik napas dan embuskan dengan pola teratur. Teknik ini biasanya akan diajarkan ketika Bunda senam hamil.

Dilansir dari American Pregnancy, ibu yang mempraktikkan teknik pernapasan akan merasakan beberapa manfaat. Dua di antaranya adalah si ibu akan berada dalam kondisi yang lebih tenang dan merespon lebih positif saat serangan sakit datang.

"Asupan oksigen yang baik juga menjadi sumber tenaga dan kekuatan untuk si ibu dan bayinya," tulis artikel berjudul Patterned Breathing During Labor di situs yang sama.

3. Bergerak
Berjalan, berjongkok, atau duduk di atas bola yoga untuk bisa mengurangi rasa sakit melahirkan. Gerakan macam ini juga akan membantu si bayi mencapai jalur keluarnya.


Ilustrasi melahirkanIlustrasi melahirkan Foto: Thinkstock


4. Air hangat
Usapan air hangat akan sangat membantu dalam membuat nyaman Bunda yang sedang melahirkan. Seperti diceritakan seorang ibu asal Stamford, Connecticut, Cynthia Overgard, yang merasakan kenyamanan luar biasa ketika dibasuh air hangat.

"Doula (pelatih pribadi untuk kelancaran kelahiran) saya mulai menuangkan air hangat ke pundak. Dan, rasanya seperti sedang spa," cerita Overgard dikutip dari Parents.


5. Pijatan pasangan
Area terbaik untuk dipijat selama proses melahirkan adalah bahu, punggung, kaki, dan tangan. Pijatan pasangan bisa menstimulasi muncul endorfin yang bisa menekan rasa sakit Bunda saat melahirkan.

"(Pijat) saat melahirkan bisa membuat Anda semakin dekat dengan seseorang yang memang peduli dengan Anda," tulis artikel Massage in Labour, dikutip dari Baby Center.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi