kehamilan

Manfaat Pakai Jasa Doula Saat Hamil yang Dirasakan Meghan Markle

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 07 Feb 2019 11:01 WIB
Manfaat Pakai Jasa Doula Saat Hamil yang Dirasakan Meghan Markle
Jakarta -
Duchess of Sussex, Meghan Markle, sedang mengandung empat bulan. Selama hamil, Meghan dikabarkan memakai jasa doula, Bun.

"Meghan fokus pada energi positif dan tenang menjelang kelahirannya. Dia sangat percaya hal ini," kata seorang sumber, seperti dilansir US Weekly.

Dilaporkan, sang doula selalu melakukan kunjungan rutin ke rumah Meghan Markle dan Pangeran Harry. Bicara soal doula, ini merupakan pendamping persalinan yang memberi dukungan informasi, fisik, pikiran atau psikologis dan jiwa dari masa kehamilan sampai pada tahap post partum atau persalinan pada ibu.


Jamilatus Sadiyah, salah satu doula Pro V Clinic Holistic Health Care mengatakan kalau di Indonesia, baru ada birth doula, belum ada post-partum doula. Ibu hamil bisa menggunakan jasa doula sejak usia kehamilan 32 minggu. Sejak saat itu, doula hadir untuk membantu persiapan persalinan, salah satunya membahas birth plan dan sebagainya.

Meghan MarkleMeghan Markle/ Foto: Dok. Getty Images
Lantas, apa sih manfaat pendampingan doula bagi ibu hamil? Kata Ami Burns, childbirth educator dan doula di Chicago, Amerika Serikat, doula akan berdiri setiap saat di sisi ibu untuk memenuhi semua kebutuhan yang dibutuhkan, dalam menciptakan pengalaman kelahiran yang positif.


Menggunakan jasa doula selama persalinan, lanjut Amy, memberi manfaat sebagai berikut:

1. Mengurangi waktu persalinan secara signifikan.
2. Lebih sedikit menggunakan epidural.
3. Mengurangi risiko operasi caesar.

"Doula juga berperan ketika suami ketakutan melihat darah selama proses persalinan. Suami akan mendampingi sang istri, menyimak penjelasan dokter mengenai proses pembukaan," kata Amy, seperti dilansir Parents.

Semoga Meghan Markle dan calon bayinya sehat selalu, lancar juga ya persalinannya.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi