kehamilan

5 Tips Atasi Rasa Sensitif pada Bau-bauan di Awal Kehamilan

Annisa Karnesyia Senin, 04 Mar 2019 19:00 WIB
5 Tips Atasi Rasa Sensitif pada Bau-bauan di Awal Kehamilan
Jakarta - Bunda merasa indra penciuman jadi lebih sensitif belakangan ini? Tidak suka mencium wangi parfum, aroma makanan atau bau-bauan di sekitar bisa jadi pertanda Bunda sedang hamil. Sebaiknya segera lakukan tes kehamilan ya.

Menurut Yvonne Bohn, MD, penulis The Mommy Docs' Ultimate Guide to Pregnancy and Birth, indra penciuman yang lebih sensitif di awal kehamilan disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon yang berperan dalam pelepasan hormon estrogen dan progesteron yang dibutuhkan saat kehamilan.

"Peningkatan hormon-hormon itu dapat menyebabkan mual dan muntah serta mengakibatkan indra penciuman jadi lebih sensitif," kata Bohn, dikutip dari The Bump.



Selain itu, dilansir What To Expect, indra penciuman mulai merasa sensitif dengan aroma saat usia kehamilan memasuki usia tiga minggu. Saat ini terjadi, hormon estrogen membuat indra penciuman lebih sensitif bahkan pada aroma kecil yang melayang di udara yang tidak semua orang bisa cium melalui hidung. Inilah yang sering dikaitkan dengan gejala mual dan muntah di awal kehamilan.

Nah, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan saat indra penciuman lebih peka dengan bau-bauan dan aroma di awal kehamilan.

1. Makan dengan pintar

Masak dan makan makanan yang aromanya bisa Bunda tahan ya. Bahkan, jika mengalami ngidam makanan tertentu tapi aromanya tidak kuat dihirup, lebih baik jangan dipaksakan karena akan menyebabkan mual dan muntah.

2. Buat udara jadi lebih segar

Biarkan jendela rumah terbuka agar bisa menghilangkan bau-bauan dan aroma yang mengganggu.

3. Ganti produk wangi-wangian

Ganti produk pembersih dan perlengkapan mandi yang beraroma dengan produk yang tidak beraroma. Paling tidak gantilah dengan produk yang aromanya tidak mengganggu.

4. Minta pengertian orang sekitar

Minta pasangan, keluarga, dan teman untuk mengerti kondisi kita saat hamil. Paling tidak mereka bisa membantu menyesuaikan aroma parfum atau produk lain yang digunakan yang sensitif buat indra penciuman.

5. Endus atau cium aroma yang disukai

Cari aroma yang disukai yang bikin Bunda merasa lebih baik jika menciumnya. Seperti wangi mint, lemon, atau bunga tertentu yang bisa membantu mengurangi rasa sensitif dan mual di awal kehamilan. Bunda juga bisa mencoba memakai produk bayi karena beberapa ibu hamil menyukai wanginya.

Bunda tidak usah khawatir ya. Aroma dan bau yang mengganggu biasanya akan berakhir di trimester pertama kehamilan. Yang penting Bunda jaga kondisi tubuh dengan asupan makanan bergizi yang menyesuaikan kondisi penciuman yang sensitif.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi