kehamilan

Kenali Penyebab Ibu Hamil Suka Ngidam Es Batu

Annisa Karnesyia Rabu, 06 Mar 2019 09:00 WIB
Kenali Penyebab Ibu Hamil Suka Ngidam Es Batu
Jakarta - Ngidam makanan adalah sesuatu yang normal dirasakan wanita selama masa kehamilan, Bun. Tapi bagaimana kalau ngidamnya justru makan dan mengunyah es batu.

Penelitian baru menunjukkan jika ngidam es batu paling sering dijumpai pada ibu hamil. Menurut ahli gizi anak-anak, Annabel Karmel, dari 1.000 ibu yang memiliki anak di bawah usia lima tahun, sekitar 20 persen diketahui ngidam makan es batu saat hamil.

"Mengidam makanan dialami oleh hampir semua ibu hamil. Bagi ibu hamil yang ngidam sesuatu bukan makanan, seperti es batu, ini bisa disebabkan karena kekurangan zat besi yang berguna untuk pertumbuhan janin," kata Karmel, dikutip dari Daily Mail.



Dilansir Mom Tricks, ada beberapa penyebab ibu hamil ngidam es batu, di antaranya:

1. Morning Sickness

Kebanyakan wanita mengalami morning sickness pada trimester awal kehamilan yang disebabkan oleh perubahan hormon. Ibu hamil yang memiliki kesulitan mengkonsumsi makanan karena mual, memilih es batu karena tidak memiliki rasa, aroma, dan gampang dikonsumsi.

2. Heartburn atau rasa panas pada dada dan tenggorokan

Heartburn disebabkan gangguan pencernaan yaitu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan rasa panas di dada dan tenggorokan.

Pada ibu hamil, heartburn disebabkan meningkatnya hormon progesteron yang diproduksi oleh plasenta dan menyebabkan otot-otot sekitar rahim menjadi lemas. Efeknya, katup antara kerongkongan dan lambung menjadi rileks akibatnya asam lambung naik ke arah dada dan tenggorokan lalu menimbulkan rasa panas.

Meskipun banyak obat untuk mengatasinya, mengkonsumsi es batu bisa jadi cara ampuh bagi ibu hamil untuk mengurangi rasa panas.


3. Kepanasan

Selama kehamilan, kenaikan tekanan darah membuat Bunda merasa gerah atau kepanasan. Selama hamil, tekanan darah naik sekitar 50 persen dari normal. Selain itu, mengunyah es batu juga bisa jadi salah satu cara mengatasi kepanasan dan menghindari dehidrasi.

4. Kekurangan zat besi

Sebagian orang menganggap mengkonsumsi es batu termasuk dalam pica atau gangguan makan saat hamil di mana ibu hamil mengkonsumsi sesuatu bukan makanan dan dapat memicu gangguan kesehatan. Namun, mengkonsumsi es batu ternyata tidak termasuk dalam pica lho, Bun, karena tidak membahayakan.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan hubungan mengunyah es batu dengan kekurangan zat besi atau anemia. Nah, sebaiknya ibu yang ngidam es batu segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah penyebabnya anemia.

Jika ibu hamil anemia, dokter akan memberi vitamin B12 dan dianjurkan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, seperti daging, telur atau produk olahan susu. Tapi, kalau Bunda tidak dinyatakan mengidap anemia selama kehamilan, konsumsi es batu tetap boleh dilakukan kok. Yang paling penting adalah memenuhi asupan nutrisi lain yang dibutuhkan ibu hamil ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi