sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Bahan Kimia yang Baiknya Dihindari Ibu Hamil

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 06 Mar 2019 18:26 WIB
Pewarna rambut dan produk cat
Bagi bunda yang sedang hamil atau sedang mencoba hamil, sebisa mungkin hindari paparan sepuluh bahan kimia berikut ini ya. caption

6. Pewarna rambut

"Jika ibu hobi mewarnai rambut, sebisa mungkin stop dulu selama hamil. Jika ingin sekali melakukannya, pilih cat rambut dengan bahan alami atau yang berbasis tumbuh-tumbuhan," ujar Yaqub.

7. Suplemen bebas bukan resep


Saat ingin hamil dan sedang hamil, Yaqub menyarankan Bunda hindari minum suplemen dan obat-obatan yang dijual bebas, selain vitamin prenatal. Untuk vitamin dan suplemen ini, tanyakan pada dokter juga ya, Bun, mana yang memang dibutuhkan.

8. Bahan wewangian

"Hindari wewangian sintetis, yang dapat mengganggu kadar hormon. Seringkali bahan-bahannya tidak tercantum dalam botol.Minyak esensial murni mungkin bisa jadi salah satu alternatif. Perhatikan juga semprotan pewangi rumah, yang bisa mengandung bahan kimia serupa," papar Yaqub.

Menurut Environmental Working Group, zat yang terkandung dalam wewangian dapat mengganggu hormon dan termasuk alergen yang paling umum. Gunakan produk yang diberi label bebas pewangi, karena berarti mengandung bahan kimia yang lebih sedikit.

9. Produk berbasis aseton

"Berhati-hatilah dengan cat kuku dan pembersihnya. Apabila ingin mengecat kuku, gunakan cat kuku yang lebih alami dan bersihkan cat kuku dengan penghapus cat kuku bebas aseton," tutur Yaqub.

10. Produk cat

Paparan cat semprot, cat dinding dan furnitur, serta pewarna kain dikaitkan dengan risiko keguguran dan cacat lahir yang lebih tinggi. Nah, risiko ini sangat tinggi pada trimester pertama. Untuk itu, sebisa mungkin Bunda hindari paparan produk cat ya.

(rdn/rdn)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!