kehamilan

Cryptic Pregnancy, Ibu Baru Sadar Hamil Ketika Akan Melahirkan

Asri Ediyati Senin, 13 May 2019 10:00 WIB
Cryptic Pregnancy, Ibu Baru Sadar Hamil Ketika Akan Melahirkan
Jakarta - Sebagian wanita telat atau bahkan enggak sadar dirinya hamil. Seorang ibu asal Inggris bernama Klara Dollan mengalami hal yang sama. Ia tak sadar kalau mengalami cryptic pregnancy. Hamil tapi seperti dalam kondisi tidak hamil, Bun.

Dollan menceritakan kisahnya di BBC Radio 5 Live's Nihal Arthanayake. Kejadiannya bermula ketika Dollan terbangun saat dini hari. Ia mengeluh kram perut hebat. Ia menenggak pil yang ia konsumsi selama enam bulan terakhir.

"Saya pikir ini adalah haid saya yang datang dengan pembalasan (karena sudah lama tidak haid). Tapi kenapa hari pertama di pekerjaan baru? Ibu saya memberi parasetamol, kemudian rasa sakitnya melambat dan mungkin berlangsung setengah menit," kata Dollan.


Singkat cerita, Dollan tidak mengikuti pekerjaan barunya karena tak bisa menahan sakit. Begitu di depan rumah, Dollan bernasib buruk ia lupa membawa kunci dan akhirnya memanggil tukang kunci.


"Saat itu saya memikirkan tanggal dan sadar kalau saya mungkin hamil sembilan bulan. Tukang kuncinya datang dan melihat saya putus asa. Tukang kunci tersebut mendobrak pintu dan saya pergi ke tempat paling nyaman saat itu yakni toilet," kata Dollan.

Di toilet, Dollan mengalami pendarahan yang parah. Tukang kunci sampai tak tahu apa yang harus dilakukan. Tukang kunci itu lalu memanggil tetangga. Ketika tetangganya datang, Dollan kemudian mengejan dan melihat kepala anaknya.

"Tetangga saya menelepon ambulans, saya mengejan dan lahirlah putri saya, Amelia. Dia cukup usia dan menangis. Saya pun ikut menangis," ungkap Dollan.
Cryptic Pregnancy, Ibu Baru Sadar Hamil Ketika Akan MelahirkanFoto: iStock
Tentang cryptic pregnancy

Dari pengalamannya itu, Dollan mengaku sedih karena ia sama sekali tak menyiapkan dirinya sebagai orang tua. Dollan juga baru sadar ia bakal punya anak dua detik sebelum ingin mengejan.

"Tak lama ambulans datang dan empat orang paramedis datang ke toilet kecil saya. Mereka mengambil bayi dan memeriksanya. Kami berdua akhirnya dibawa ke rumah sakit," kata Dollan.

Apa yang dialami Dollan cukup langka, Bun. Ia mengalami cryptic pregnancy atau kehamilan samar. Menurut Helen Cheyne, profesor bidang kebidanan di University of Stirling, istilah cryptic pregnancy dipakai ketika seorang wanita tidak tahu bahwa dia hamil.

Beberapa wanita melaporkan tidak tahu sampai mereka melahirkan. Sekitar satu dari 2.500 kelahiran mengalami cryptic pregnancy. Beberapa kasus dikaitkan dengan periode stres ketika seorang wanita mungkin tidak memiliki, atau tidak mengalami, tanda-tanda kehamilan yang biasa.

"Bahkan wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur atau masih mengalami gejala kehamilan lainnya," kata Cheyne dikutip dari BBC News.

Selain itu, dilansir Healthline, lemak tubuh rendah dan aktivitas atletik dapat menyebabkan menstruasi menghilang selama berbulan-bulan. Seorang atlet mungkin juga memiliki kadar hormon tertentu yang rendah, sehingga lebih sulit untuk mendeteksi kehamilan.


Lalu, kembali lagi ke pengalaman Dollan, ia sendiri tak mengalami ngidam, sakit punggung. Lalu, ia mengalami flek saat hamil.

"Ini disebut plasenta posterior di mana plasenta berada di belakang dan anak di belakang sehingga Anda tidak bisa merasakan tendangannya. Setiap kali putriku bergerak, rasanya lebih seperti kupu-kupu, atau bahkan buang air besar. Tidak terasa seperti bayi pada umumnya yang melakukan tendangan di dalam perut saya," kata Dollan.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi