sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Cryptic Pregnancy, Kehamilan Unik yang Dialami Seorang Ibu di Tasikmalaya

Asri Ediyati Senin, 20 Jul 2020 14:07 WIB
Seorang ibu di Tasikmalaya melahirkan anak setelah hamil satu jam caption
Jakarta -

Belum lama ini viral seorang ibu asal Tasikmalaya, Jawa Barat mengalami kehamilan yang unik dan tak biasa. Ia baru mengetahui dirinya hamil satu jam sebelum melahirkan.

Selama hamil, ia sama sekali tak merasakan gejala layaknya ibu hamil mulai dari mual hingga ngidam makanan, Bunda. Hmm.. kok bisa ya? Nah, kalau dalam istilah medis, fenomena ini disebut cryptic pregnancy. Apa itu dan apa penyebabnya?

Cryptic pregnancy merupakan kehamilan yang tak disadari, sampai minggu akhir kehamilan bahkan sampai melahirkan, Bunda. Beberapa studi menunjukkan bahkan dokter dan kerabat tidak mengetahui kehamilan ini.


"Kebanyakan kasus cryptic pregnancy ditandai dengan perdarahan pseudo-menstruasi. Kemudian, minimnya gejala kehamilan yang khas seperti mual, muntah dan, nyeri perut," kata farmakolog klinis Dr.Ananya Mandal, dikutip dari News Medical.

Kemudian, menurut dokter obgyn Felice Gersh, MD, kondisi ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

"Mungkin memang tidak menunjukkan gejala, hasil tes kehamilan palsu, atau tidak yakin hamil karena masalah kesuburan atau usia," kata Gersh, dikutip dari Health.

Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery.ilustrasi melahirkan/ Foto: iStock

Gersh mengatakan bahwa sebagian besar cryptic pregnancy terjadi pada wanita yang kelebihan berat badan atau siklus haid tidak teratur. Pada dasarnya, setiap wanita yang hamil mudah dikenali oleh dokter, terutama dibantu dengan pemeriksaan medis.

"Cryptic pregnancy terjadi karena di wanita tidak sadar dan curiga dirinya hamil, bukan karena tidak dapat dideteksi," ujarnya.

Tak cuma wanita dengan kelebihan berat badan saja, Bunda. Lemak tubuh rendah juga bisa menjadi penyebab seorang ibu tidak sadar sedang hamil. Mengutip dari Mom Junction, lemak tubuh rendah bisa memicu ketidakseimbangan hormon dan biasanya ini sering terjadi pada atlet.

Terakhir yakni perimenopause. Siklus haid mulai tidak teratur saat memasuki masa menopause. Periode ini bisa dimulai pada usia 30 tahunan, membuat seorang ibu tidak sadar kalau sedang hamil.

Sayang sekali rasanya kalau tidak sadar sedang hamil, sementara kita makan tanpa batasan. Adakah cara mencegahnya? Jika Bunda mengalami sakit atau perubahan fisik pada perut dan panggul di usia reproduktif, sebaiknya segera kunjungi dokter. Meski sulit dideteksi, dokter bisa melihatnya lewat USG.

Jika mengalami menstruasi tidak teratur, lakukanlah tes kehamilan berulang. Jalani juga pemeriksaan saat memasuki masa menopause.

Simak juga cerita dokter hamil 7 bulan rawat pasien Corona:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi