kehamilan

Usai Melahirkan, Pasien Diabetes Gestasional Perlu Jaga Pola Hidup

Asri Ediyati Selasa, 16 Jul 2019 18:30 WIB
Usai Melahirkan, Pasien Diabetes Gestasional Perlu Jaga Pola Hidup
Jakarta - Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi pada ibu hamil. Menurut Prof.Dr.dr.Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD, untuk penanganannya sendiri, biasanya diberikan insulin. Kata Suastika, itu solusi yang paling aman untuk ibu hamil dengan diabetes gestasional.

"Walaupun pil relatif aman, tapi tetap paling aman insulin," kata Ketut saat ditemui HaiBunda usai sebuah acara di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dikatakan Suastika, ibu yang mengidap diabetes gestasional dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat. Hal ini karena diabetes gestasional merupakan faktor risiko wanita terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

"Biasanya kalau diabetes gestasional itu setelah melahirkan hilang. Tetapi kurun lima tahun itu 50 persen bisa kena diabetes tipe 2, kalau enggak diperbaiki gaya hidupnya. Misal dia obesitas, gaya hidupnya kurang baik, aktivitas fisiknya kurang. Bisa menderita diabetes, kalau dia pernah mengalami diabetes gestasional," ujar Suastika.
ilustrasi wanita/ ilustrasi wanita periksa gula darah/ / Foto: iStock
Disebut Suastika, faktor risikonya sama seperti diabetes tipe 2 yakni faktor keturunan, aktivitas fisik, obesitas. Lantas bagaimana pola makan yang disarankan? Kata Suastika, prinsip dasarnya, bagi orang yang berisiko diabetes harus membatasi jumlah kalori. Misalnya buah, pilih yang tak terlalu manis. Hal ini karena makin manis buah makin tinggi kalorinya.


"Jadi kalau orang diabetes hindari buah-buah yang terlalu manis. Anggaplah durian, kan banyak yang bilang tinggi kolesterol. Padahal mengandung pitusterol, lemak nabati yang baik. Tapi dari aspek kalorinya, satu biji buah durian sama dengan satu piring nasi," papar Suastika.

Jadi jika Bunda memang berisiko diabetes karena sebelumnya mengalami diabetes gestasional, lebih baik hindari makan-makanan yang berkalori tinggi. Kalau makan buah, bisa pilih apel, kates, melon lokal, atau buah lainnya yang tak terlalu manis. Untuk sumber karbohidratnya, bisa pilih beras merah juga, karena seratnya banyak tapi kalorinya dikit.

Masih seputar kehamilan, tonton video dari dokter alasan ibu hamil tak boleh makan sushi.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi