kehamilan

Cerita Ketegangan Ratna Galih Sampai Gemetar Saat Persalinan

Yuni Ayu Amida Selasa, 09 Jul 2019 14:00 WIB
Cerita Ketegangan Ratna Galih Sampai Gemetar Saat Persalinan
Jakarta - Ratna Galih baru saja melahirkan sepasang bayi kembar beda jenis kelamin pada 5 juli 2019. Untuk mendapat bayi kembar, sebelumnya dia dan suami menjalani proses bayi tabung.

Istri Sawkani ini bercerita, dia sempat mengalami ketakutan saat proses persalinan. Bahkan tubuhnya gemetaran, wajahnya pucat, dan tegang.

"Proses persalinan kemarin awalnya sih lumayan ketakutan, pas udah disuruh ke lantai 4 ruang operasi, dari yang tadinya aku stabil, tiba-tiba langsung gemetaran gitu badan," ujar Ratna Galih, dikutip dari detikcom.


"Terus kata suami, muka aku pucat, dipegang pipi dingin banget, sempat tegang banget," sambungnya.



Meski begitu, bintang sinetron Cinta Yang Hilang ini merasa bersyukur karena banyak yang menemani proses bersalinnya. Jadi, dia bisa merasa lebih tenang.

"Alhamdulillah banyak yang nemenin aku, pas udah masuk ruangan operasi setelah dibius segala macam, nadi aku kencang banget. Tapi pas udah lihat dokter Caroline langsung tenang," ungkap bunda 31 tahun ini.

Cerita Ketegangan Ratna Galih Sampai Gemetar Saat PersalinanFoto: instagram

Diakui Ratna Galih, ini adalah kali pertamanya masuk ruang operasi untuk bersalin. Wajar saja kalau dia merasakan hal berbeda saat proses melahirkan kali ini.

"Ternyata selama proses dari mulai dokter anestesi, dokter anak, dokter Caroline pun membantu banget. Sempat ada momen aku panik pas mau mulai di operasi," tuturnya.

Tentang apa yang dialami Ratna Galih, dijelaskan Lindy Sargent, koordinator kelas melahirkan di Rumah Sakit Wentworth-Douglass, ketika memasuki masa persalinan, hal yang terpenting adalah mental dan fisik yang kuat. Sebisa mungkin mengurangi rasa takut saat persalinan adalah kuncinya.

"Jadi, usahakan ibu santai dan tenang untuk menghadapi proses persalinan," kata Sargent, dilansir Parenting NH.

Selain itu, untuk mempersiapkan persalinan, coba pelajari beberapa teknik mengurangi sakit misalnya dengan self-hypnosis, perubahan posisi persalinan, dan beberapa metode pernapasan. Kemudian, pelajari juga beberapa posisi seperti berdiri, berlutut, menari pelan, duduk, dan jongkok, yang berguna untuk membantu memudahkan persalinan.

Simak cerita lengkap Ratna Galih dalam video berikut ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi