kehamilan

Ciri-ciri Hamil Kembar Tiga dan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan

Maya Sofia Selasa, 09 Apr 2019 16:59 WIB
Ciri-ciri Hamil Kembar Tiga dan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan
Jakarta - Memiliki anak kembar dua adalah sesuatu yang spesial. Lalu bagaimana jika memiliki anak kembar tiga atau biasa disebut triplets. Wah, pasti rasanya lebih istimewa ya, Bunda.


Kehamilan kembar tiga memang jarang terjadi dibandingkan dengan kembar dua. Namun, angka kehamilan janin lebih dari dua mengalami kenaikan dalam beberapa dekade karena kehadiran teknologi reproduksi, seperti bayi tabung.

Dalam kehamilan triplets, dari tiga janin yang dikandung, semuanya bisa kembar identik, tidak identik, atau bahkan kombinasi keduanya. Kembar tiga yang tidak identik atau fraternal biasanya terjadi dari kehamilan tiga telur.


Sementara itu, kembar tiga identik biasanya terjadi dari kehamilan monozigot, di mana tiga janin dari satu sel telur yang sama. Dalam hal ini zigot terbagi menjadi dua, dan salah satu dari zigot itu terbelah lagi.

Seperti apa ciri-ciri hamil kembar tiga? Berikut daftarnya dikutip dari Family Education.

1. Pertambahan berat badan yang cepat pada trimester pertama
2. Rahim lebih besar
3. Ukuran perut lebih besar
4. Kelelahan berlebih pada awal kehamilan
5. Pergerakan janin yang tidak biasa pada trimester pertama
6. Janin lebih dari satu dapat menimbulkan gejala morning sickness yang lebih intensif, seperti mual dan muntah

Ilustrasi hamil kembar tiga/Ilustrasi hamil kembar tiga/ Foto: iStock

Meski sudah mengalami ciri-ciri di atas, Bunda tetap harus memastikan diri dengan pemeriksaan lebih lanjut di dokter ya. Setelah dipastikan hamil kembar tiga, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah lebih perhatian terhadap diri sendiri dan janin.

Mengutip Pregnancy Birth Baby, saat hamil kembar biasanya seorang ibu akan lebih membutuhkan banyak asupan makan untuk memenuhi kebutuhan gizi janin. Ibu hamil kembar tiga juga mungkin perlu mengonsumsi suplemen zat besi.

Membawa tiga janin dalam kandungan juga membuat seorang ibu hamil berisiko mengalami sakit punggung. Jadi, perhatikan betul postur tubuh saat beraktivitas. Misalnya, tekuk lutut ketika sedang mengangkat suatu barang, miringkan pinggul ke depan ketika duduk, berdiri dan berbaring.

Hamil kembar tiga diketahui memiliki risiko yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda mengikuti kelas antenatal yang diperuntukkan khusus ibu hamil kembar tiga.


Terakhir, pastikan juga Bunda rutin memeriksakan diri ke dokter. Hal ini untuk memastikan kesehatan ibu dan tiga janin yang sedang dikandung.

[Gambas:Video 20detik]



(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi