kehamilan

Pentingnya Pemeriksaan Tiroid untuk Persiapan & Saat Hamil

Annisa Karnesyia Kamis, 25 Jul 2019 18:02 WIB
Pentingnya Pemeriksaan Tiroid untuk Persiapan & Saat Hamil
Jakarta - Kesehatan menjadi salah satu hal penting sebelum merencanakan kehamilan. Begitu juga saat sedang hamil, Bun.

Salah satu cara menjaganya dengan melakukan pemeriksaan tiroid. Sebab, kondisi janin bisa terpangaruh bila ibu yang merencanakan kehamilan punya riwayat gangguan tiroid di keluarga. Maka dari itu, skrining sebelum perencanaan kehamilan penting dilakukan.

Dokter ahli endokrin, Dr.dr.Fatimah Eliana, SpPD-KEMD mengatakan, gangguan tiroid menempati urutan kedua terbanyak dalam daftar penyakit metabolik setelah diabetes melitus dan banyak dialami perempuan usia produktif dan anak-anak. Itulah pentingnya bagi masyarakat untuk mengenali jenis gangguan tiroid, gejalanya, dan bagaimana caranya melakukan deteksi dini.


"Bila wanita punya riwayat gangguan tiroid, sebaiknya segera konsultasikan dan rutin cek ke dokter sebelum merencanakan kehamilan. Bila belum, sebaiknya periksa pada trimester pertama kehamilan," kata Fatimah dalam Diskusi Interaktif Waspadai Gangguan Tiroid: Kenali dan Pahami untuk Hidup Lebih Baik di Aula Siwabessy, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Namun, biasanya di trimester pertama gejala belum terlihat. Maka dari itu, biasanya dokter menganjurkan untuk memeriksakan satu kali, yaitu di trimester tiga.

Pentingnya Pemeriksaan Tiroid untuk Persiapan & Saat HamilPentingnya Pemeriksaan Tiroid untuk Persiapan & Saat Hamil/ Foto: iStock

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, salah satu akibat dari gangguan tiroid pada ibu hamil adalah meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan gangguan pertumbuhan janin. Sedangkan pada perempuan usia produktif, bisa berpengaruh pada kesuburan atau gangguan fertilitas.

Pada kesempatan yang sama, dokter ahli endoktrin anak, Dr.Andi Nanis Sacharina, SpA (K) mengatakan dampak jika seorang ibu hamil yang positif gangguan tiroid enggak segera ditangani. Selain berpengaruh pada kesehatan ibu, janin akan mengalami gangguan hingga lahir.

"Janin pasti butuh hormon tiroid untuk perkembangan otaknya. Bila tidak diobati, janin akan lahir dengan gangguan perkembangan otak dan gangguan tiroid," papar wanita yang akrab disapa Nanis itu.

Pentingnya Pemeriksaan Tiroid untuk Persiapan & Saat HamilPentingnya Pemeriksaan Tiroid untuk Persiapan & Saat Hamil/ Foto: iStock

Salah satu cara subjektif pemeriksaan awal tiroid pada wanita sebelum atau saat hamil adalah dengan menjawab pertanyaan tentang gejala tiroid. Jawaban akan dinilai dan bila mengalami lima dari sembilan gejala, petugas medis akan menyarankan pemeriksaan laboratorium.

"Ibu hamil dan positif gangguan tiroid akan diberikan pengobatan yang sesuai kondisinya. Prinsipnya, jangan takut minum obat tiroid untuk ibu hamil. Bila sesuai dosis dan anjuran dokter, semuanya aman," ujar Fatimah.

Simak juga cara tepat menghitung usia kehamilan di video berikut ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]





(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi