kehamilan

4 Pertanyaan Wajib Ibu Hamil Saat Konsultasi Dokter Pertama Kali

Asri Ediyati Selasa, 12 Feb 2019 16:38 WIB
4 Pertanyaan Wajib Ibu Hamil Saat Konsultasi Dokter Pertama Kali
Jakarta - Kehamilan merupakan masa indah dan berjuta rasanya, apalagi kalau kehamilan pertama untuk anak pertama. Kadang sebagian ibu suka tak sabar, begitu tahu hamil langsung deh melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Pandangan dr.Karno Suprapto, Sp.OG, lebih baik ibu hamil (bumil) menunggu setidaknya dua minggu dari hasil tes kehamilan. Misal, kita menstruasi di tanggal 1 Februari, kalau 1 Maret kita belum menstruasi baiknya jangan langsung terpacu untuk cek ke dokter ya Bunda.

"Setidaknya tunggu hingga tengah bulan. Misal, awal bulan kita haid lalu awal bulan selanjutnya kita belum haid, jangan buru-buru periksa dan setidaknya tunggu hingga tanggal 15. Jika perhitungan secara kasar, berarti kan sudah hamil 4 mingguan. Jika bumil USG sebelum 4 minggu, ya nggak kelihatan apa-apa, kan sayang udah USG mahal tapi nggak kelihatan terus nanti balik lagi USG," papar Karno dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Sehingga, Karno menyarankan agar ibu nggak buru-buru cek ke dokter jika usia kandungan masih sangat muda. Nah, bagi Bunda yang baru pertama kali hamil dan ingin konsultasi ke dokter, berikut beberapa referensi pertanyaan serta jawaban dari pakar supaya Bunda bisa kebayang mau tanya apa ya kalau konsul nanti.




1. Berkaitan dengan USG
4 Pertanyaan Wajib Ibu Hamil Saat Konsultasi Dokter Pertama KaliFoto: thinkstock

Beberapa ibu kadang melakukan USG meski usia kandungan masih sangat dini. Karno mengatakan, dari pemeriksaan ini para ibu ingin tahu apakah kehamilan terjadi di dalam atau luar rahim.

"Orang hamil bisa di dalam rahim dan di luar rahim. Selain itu, kalau sudah kelihatan kantongnya, kadang mereka ingin tahu atau diukur sudah berapa minggu sih usia janinnya. Saya selalu bilang, jangan takut kalau ada perbedaan hingga dua minggu. Misal, perhitungan haid sudah enam minggu tapi di USG baru empat minggu, ini masih normal," ungkap Karno saat berbincang dengan HaiBunda.

2. Aktivitas sehari-hari
4 Pertanyaan Wajib Ibu Hamil Saat Konsultasi Dokter Pertama KaliFoto: Thinkstock

- Bumil bolehkah olahraga?
- Bolehkah berhubungan intim?
- Bolehkah naik motor.

"Ibu hamil itu ibu yang sehat dan normal. Selama aktivitas normal tersebut bisa dilakukan dan tidak dipaksakan, ya tetap dilakukan. Masa ibu hamil harus diam saja? Nggak kan," ujar Karno.




3. Makan dan minum
4 Pertanyaan Wajib Ibu Hamil Saat Konsultasi Dokter Pertama KaliFoto: shutterstock

- Apakah ada pantangan makanan dan minuman buat bumil?

"Saya pribadi tidak memberikan pantangan apapun, karena bumil itu sudah dewasa. Orang dewasa pasti sudah tahu batasannya. Misal kalau bumil mau minum kopi, kopi yang diseduh sendiri 2 cup sehari masih bolehlah. Atau bumil mau makan nanas atau durian, ya nanas 2 potong atau durian 2 butir nggak apa, asal tak berlebihan saja itu kuncinya," imbuh Karno.

4. Bepergian
4 Pertanyaan Wajib Ibu Hamil Saat Konsultasi Dokter Pertama KaliFoto: ilustrasi/thinkstock

Tak sedikit ibu hamil yang takut bepergian atau naik pesawat karena merasa sedang hamil. Sebenarnya, menurut Karno tak apa, Bun.

"Ya kalau kita di jalan, atau di mobil kadang suka goyang juga kan. Naik pesawat tak apa, kecuali kalau turbulensi sampai bikin terluka, ya orang normal pun nggak mau naik pesawat. Intinya, bumil hiduplah secara normal. Jangan takut ngapa-ngapain karena hamil itu proses alamiah," tutur Karno.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi