kehamilan

9 Dampak Negatif Ibu Hamil Konsumsi MSG Berlebihan

Yuni Ayu Amida Jumat, 02 Aug 2019 15:32 WIB
9 Dampak Negatif Ibu Hamil Konsumsi MSG Berlebihan
Jakarta - Tak dipungkiri, makanan berpenyedap rasanya lebih enak di lidah, Bun. Namun hati-hati, mengonsumsi makanan berpenyedap secara berlebihan apalagi ketika sedang hamil, banyak risiko negatifnya lho.

Melansir Mayo Clinic, dijelaskan ahli gizi Katherine Zeratsky, R.D., L.D., monosodium glutamate (MSG) adalah penambah rasa yang biasa ditambahkan ke makanan, sayuran kaleng, sup, dan daging olahan. Food and Drug Administration (FDA) telah mengklasifikasi, MSG sebagai bahan makanan yang secara umum diakui aman, tetapi penggunaannya tetap kontroversial.

"Karena alasan ini, ketika MSG ditambahkan ke makanan, FDA mengharuskannya untuk dicantumkan pada label," jelas Zeratsky.

Untuk itu, ibu hamil disarankan tidak mengonsumsi atau minimal mengurangi makanan yang mengandung MSG. Alasannya, MSG bisa membahayakan janin dalam kandungan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Ini bisa mengganggu suplai makanan untuk janin dan membiarkannya terpapar semua jenis kuman dan penyakit, serta makanan asam yang ada di perut. Apalagi, pada saat ini, sistem kekebalan bayi tidak mampu melawan semua itu.

Melansir Firstcry Parenting, berikut ini beberapa efek negatif jika ibu hamil mengonsumsi MSG secara berlebihan. Cek halaman selanjutnya ya, Bun.

Simak pula video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi