kehamilan

Anak Keempat Celine Evangelista Keluar dari NICU & Pintar Nyusu

Annisa Karnesyia Minggu, 06 Oct 2019 10:30 WIB
Anak Keempat Celine Evangelista Keluar dari NICU & Pintar Nyusu
Jakarta - Celine Evangelista baru saja dikaruniai anak keempat pada 29 September lalu. Istri Stefan William ini melahirkan seorang putra, Bunda.

Tidak banyak yang mengetahui tentang kelahiran putra Celine. Ternyata sang putra sempat menjalani perawatan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Kabar ini langsung dibagikan Celine dalam akun Instagram miliknya. Wanita 27 tahun ini lalu menceritakan kondisi terkini putranya.


"Tanggal 29 September 2019 kemarin, saya melahirkan seorang anak laki-laki, ganteng banget anak mommy. Walaupun kemarin sempat dirawat di NICU beberapa hari karena belum bisa langsung beradaptasi, tapi saya, suami, dan keluarga terus berdoa," tulis Celine.

"Dan nyata Kuasa Kasih Tuhan, anak mommy sehat dan sudah bisa beradaptasi dengan baik dan pintar menyusunya banyak sekali. Puji Tuhan, terima kasih Tuhan, terima kasih semua tim dokter dan suster yang merawat saya dan baby. Terima kasih teman-teman ucapan dan doanya," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]


Kelahiran memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi ibu seperti Celine. Namun, tidak jarang bayi yang dilahirkan harus mendapatkan perawatan khusus di NICU layaknya putra Celine. Lalu apa sebenarnya perawatan di NICU itu?

Mengutip detikcom, NICU adalah perawatan yang menyediakan seperangkat alat untuk digunakan bayi yang membutuhkan penanganan khusus. Biasanya bayi dengan berat lahir rendah, prematur, dan yang dilahirkan dengan kelainan tertentu.

Pasien NICU adalah bayi prematur usia 23 - 24 minggu hingga 40 minggu. Bayi biasanya memiliki sistem pencernaan yang normal.

Menurut dokter anak Pankaj Nagaraj, MD, setelah bayi lahir, tim medis akan menilai kondisi bayi untuk memastikan suhu, detak jantung, pernapasan, dan warna tubuh apakah masih dalam batas normal. Pada bayi yang lahir dari ibu yang memiliki faktor risiko tinggi, tes tambahan diperlukan.

"Sulit untuk memprediksi lamanya bayi di NICU, karena tergantung banyak faktor. Pada bayi yang tidak membutuhkan oksigen, bisa makan dan stabil, selama 48 jam akan dipulangkan dengan pemantauan lanjutan," kata Nagaraj, dilansir UnityPoint Health.

Untuk Bunda yang baru dikaruniai bayi seperti Celine, simak cara tepat memandikan bayi dengan panduan video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi