parenting

4 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Safira Raudhatul Sabtu, 27 Oct 2018 17:33 WIB
4 Tips Mengatasi Anak Susah Makan
Jakarta - Saat anak susah makan, Bunda pusing deh dibuatnya. Apalagi sudah berbagai menu coba disajikan untuk anak tapi mereka tetap ogah makan. Hmm, dalam kondisi begitu ada tips yang bisa Bunda lakukan.

"Anak-anak yang memiliki masalah makan dapat membuat mereka berisiko kekurangan gizi. Hal ini bisa berakibat pada masalah perkembangan saraf dan fisik dalam jangka panjang," kata Richard M. Katz, kepala medis di Mt. Washington dilansir detikcom.

Bunda nggak harus memaksa anak makan. Tapi coba deh, bantu motivasi anak dengan menyediakan makanan yang menggugah seleranya, buat makanan suasana yang menyenangkan dan bikin anak tertarik dengan sajian yang diberi. Caranya, ikuti 4 tips berikut seperti dikutip dari Family Doctor.




1. Ajari anak pola makan sehat

Bunda bisa memberi informasi anak tentang pentingnya mengasup makanan bergizi yang sudah disediakan di meja makan. Termasuk manfaat mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang bisa disampaikan lewat video, buku cerita, atau hand puppet.

Ilustrasi anak makanIlustrasi anak makan Foto: Thinkstock
2. Mengkreasikan bentuk makanan

Ajak anak berkreasi membentuk atau menghias hidangan yang Bunda masak sesuai dengan keinginannya. Dengan begini, anak bangga dengan makanan yang sudah dia bentuk atau hias hingga semangat deh memakannya.

3. Ajak anak memilih makanan

Beri anak kebebasan memilih makanan yang hendak dikonsumi lebih dulu. Eits, tapi ingat sediakan hidangan yang bergizi ya, Bun, dan pastikan anak mendapat menu yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur, dan buah.

4. Campur dengan makanan yang disukainya

Supaya anak mau mencoba makanan baru, Bunda bisa akali dengan mencampurnya dengan makanan kesukaan anak. Misal, anak doyan sup. Nah, Bunda bisa memasukkan brokoli ke sup tapi jangan langsung banyak ya. Hal terpenting anak sudah mau mencicipi brokoli walau sedikit.


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi